Saturday, September 29, 2012

Keluh Kesah Mencari TOR ( Term Of Reference )

         
Kali ini saya sedikit berbagi cerita mengenai perjalan awal saya menjadi seorang geodet. Kali ini diawali dari praktek pertama, ukur tanah. Ukur tanah??? Mungkin bnyak yg heran ,ngapain tanah diukur - ukur?? Ya itulah kami seorang geodet,, " we measure the earth". Memang kelihatannya gmpang,,tp untuk mendapat TOR itu tidak gmpng. Belum lagi banyak yang bertanya ;
"Kalian lagi ngapain?"
       Ngukur tanah
"Kalian tknik sipil ya?
       '''''''''''''''''''''@!#!$!%^"""""""

Kembali ke TOR. TOR atau Term Of  Reference adalah nilai maksimum kesalahan yang diperbolehkan dalam pengukuran.  Untuk mendapatkan TOR perlu dilakukan pengukuran pulang dan pergi. Caranya mencarinya dengan selisih pengukuran pulang dan pergi lalu dibagi   rata -ratanya. Nah dalam mencari TOR inilah yang sulit,minimal harus 1/3000. Kendala yang sering dialami sangt bnyak,terutama pada area miring. mulai dari penarikan pita ukur tidak lurus, unting - unting tidak lurus,salah membaca hasil ukuran,, hingga perut lapar dan emosi yng tidak terkontrol. Tapi semua itu akan terhapuskan ketika TOR itu kita dapat.
         Ngukur tanah apa gak ngebosenin? Bagi saya praktek ini menyenangkan,apalagi sensasi mendapat TOR itu,, kalo kata penyanyi siapa ya, TOR itu "sesuatu". Setidaknya praktek ini lebih menyenangkan dari pada duduk dikelas mendengarkan dosen bicara,lalu berusaha mencatat apa yang ditulis dosen dipapan tapi keburu dihapus,,,Ukur Tanah hanya bagian awal dalam kegiatan geodet nanti masih banyak yang lebih seru ex survey tambang, fotogrametri n memplajari GPS( kata kakak angkatan sh seru).
        Mungkin itu saja yang bisa saya bagi , terimaksih kepada klompok 4 ( Bondan, Baihaki,Puji,Aeny,Sapta) yang sudah bekerja sama mencari TOR. Semoga Geodesi bisa semakin dikenal dan menjadi populerdi Indonesia.
Nih sedikit berbagi expresi orang mendapat TOR



please leave a coment if you are a geodetic engineering or you want to be a geodetic enginering.
GEODET MUDA : WE MEASURE THE EARTH

9 comments:

  1. keliatanny asik y kak..berasa gak salah deh pilih geodesi UGM..

    ReplyDelete
  2. itu apa sih nama alat yang kayak tongkat gitu? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu namanya jalon,, buat membantu pelurusan,, cba aja baca postingan ka2k yang judulnya alat bantu ukur tanah, disana ada penjelasnnya klo gak salah, minat geodesi nih kyknya, kls brp sekarang desya?

      Delete
    2. oo gitu.. wkwk.. saya masi awam nih.. -_-
      kelas 12 sekarang kak.. hehe.. *lagi galo ma jurusan buat nanti

      Delete
    3. masih banyak waktu kok nentuinnya,, geodesi jga bagus hehehe :)

      Delete
  3. minggu depan udah mulai praktikum ukur tanah lo kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. semangat ya prakteknya, dapet area mana billa?

      Delete
    2. semester 1 dpt taman mesin mas.. smster 2 di basket geologi.. maaf mas baru bales sekarang.. hehe

      Delete