Sunday, November 4, 2012

Belajar Ngeblog Bersama Pak Made Andi Arsana

Belajar membuat blog itu mungkin biasa,tapi belajar membuat blog bersama Pak Made Andi itu luar biasa. Kali ini saya akan berbagi pengalaman saya selama mengikuti pelatihan pembuatan blog dan peta digital yang saya ikuti bersama  Bapak Made Andi Arsana. Semoga nantinya dapat menjadi inspirasi bagi teman - teman yang  ingin membuat blog atau mengisi waktu luang untuk membuat peta digital. Suatu hal yang menurut saya sangat positif untuk dilakukan dari pada mengisi waktu kosong dengan hal - hal negatif seperti download video porno,gambar bugil,dan lain - lain yang berbau negatif.

Kegiatan pelatihan ini diselenggarakan oleh kmtg (keluarga mahasiswa teknik geodesi) ugm pada tanggal 4 november 2012 yang dilaksanakan di ruang 3.4 gedung teknik geodesi UGM dengan narasumber Bapak Made Andi Arsana. Beliau adalah dosen di jurusan teknik geodesi UGM yang memiliki banyak ilmu dan pengalaman yang sayang rasanya jika tidak kita minta. Secara pribadi, bagi saya beliau adalah motivator yang hebat dan penuh enerjik,saya baru sekali mengikuti kuliah umum bersama beliau dan sekali mengikuti pelatihan pembuatan blog dan peta digital,namun setelah mengikuti kuliah umum dan pelatihan tersebut, terasa ada semangat yang besar untuk melakukan perubahan. Jadi bagi rekan -rekan mahasiswa geodesi UGM yang belum bertemu dengan beliau, sempatkanlah mengikuti kuliah umum atau pelatihan dari beliau.

Nah langsung saja saya sampaikan beberapa ilmu yang saya peroleh tadi, yang pertama adalah pembuatan blog, sebelum pelatihan ini pun saya sebenarnya sudah memiliki blog, itupun atas saran beliau saat mengikuti kuliah umumnya yang pertama. Saya masih ingat kata-katanya yang membuat saya membuat blog ini yakni "Mulailah dari sekarang untuk menulis". Dalam pembuatan blog kita bisa menggunakan jasa penyedian layanan blog gratis misalnnya di blogger.com ,wordprees.com, blogdetik.com dan lain - lain. Dalam melakukan posting tidak harus membuat panjang-panjang,yang penting memuat jawaban dari pertanyaan What, Who, Where,Why dan How. Tulisan yang bagus itu adalah tulisan yang "selesai" yakni memuat keseluruhan jawaban dari pertanyaan - pertanyaan tadi. Nah hal yang menarik bagi saya dalam pelatihan tadi  adalah becoming a geospatial blogger. Untuk menjadi seorang geospasial blogger,kita perlu memperhatikan unsur Where dalam setiap postingan. Kita dapat menambahkan peta digital yang terkait dengan postingan kita. berikut contoh peta digital yang coba saya buat selama pelatihan tadi,walau masih sederhana namun ini adalah langkah awal bagi saya untuk menjadi geospasial blogger.
Berikut adalah peta tempat - tempat berkesan bagi saya selama berada di UGM

Lihat Peta tempat - tempat berkesan bagi saya selama di UGM di peta yang lebih besar

Nah bagaiamanakah cara pembuatannya??? berikut  link untuk mendownload file dalam bentuk doc yang berisi penjelasan tentang cara pembuatan peta digital yang saya peroleh dari Pak Made Andi " cara membuat peta digital ".

Itulah yang dapat saya bagi melalui blog ini,semoga bisa bermanfaat bagi teman - teman semuanya dan menambah geospasial - geospasial blogger  lainnya.


4 comments: