Sunday, March 24, 2013

Pandangan Berbeda Mengenai Mahasiswa Teknik



            Sudah hampir 8 bulan saya tinggal di kota Jogja untuk menuntul ilmu,begitu banyak hal baru yang saya temui mulai dari teman,makanan,budaya dan lain –lain. Sebagai seorang yang baru pertama kali merantau dan tinggal di luar tanah kelahiran saya yakni Bali, saya menemukan adanya perbedaan pandangan masyarakat mengenai jururusan khususnya pandangan terhadap mahasisiwa teknik. Jika di Bali mungkin jika saya mengatakan saya mahasisiwa teknik , pandangan orang mungkin biasa saja dan itu bukan lah yang hebat. Di Bali memang peminatnya lebih mengarah ke bidang kesehatan dan pariwisata. Tapi kalau di luar Bali,kususnya diJogja yang sudah saya rasakan menjadi mahasiswa teknik itu sangat keren dan membanggakan,mahasiswa teknik sangat diakui disini.
            Ada beberapa hal yang membuat saya sangat bangga menjadi seorang mahasiswa teknik,yakni bagaimana kita lebih mengaplikasikan ilmu – ilmu yang ada kedalam bentuk fisik yang nyata dan bermanfaat dan bukan hanya sekedar teori. Waktu SMA saya sering bertanya pada diri saya sendiri, untuk apa saya sebenarnya belajar matematika,mempelajari hukum newton yang dari dulu hingga sekarang tidak berubah – berubah,dan banyak teori – teori lainnya yang belum saya pahami. Namun begitu saya kuliah sebagai seorang mahasiswa teknik,semua pertanyaan itu terjawab,mahasiswa teknik tidak hanya sekedar teori,semua teori yang ada itu dibuat nyata, dijadikan sebuah karya yang berguna bagi masyarakat dan bukan hanya sekedar hasil coretan diatas kertas yang merupakan hasil hafalan semalaman guna memperoleh angka 80 atau 90.
            Beberapa kali saya sempat ditanya oleh orang yang memang asli jogja mengenai jurusan apa yang saya ambil di UGM, begitu saya bilang Teknik Geodesi respon masyarakat disini sangat wah,memuji dan menyanjung seperti mereka menganggap betapa kerennya mahasiswa teknik itu. Ada rasa bangga tersendiri rasanya menjadi mahasiswa teknik.
            Itulah yang saya rasakan setelah beberapa bulan menjadi mahasiswa teknik,munkin teman – teman yang lain juga bangga dengan jurusannya masing – masing. Tapi inilah yang rasakan,adanya perbedaan pandangan mengenai mahasiswa teknik ketika saya berada di luar Bali,hal ini semakin meyakinkan saya kalau menjadi mahasiswa teknik itu memang KEREN.

Nih foto dua orang mahasiswa teknik yang berjuang menyelesaikan tugas ditengah sunyinya malam, walau sudah jam 2 dini hari masih tetap belajar.