Sunday, July 21, 2013

Cerita PKM II : Sebuah Dokumentasi


            Ikut terlibat dalam suatu penelitian adalah suatu yang menarik bagi saya. Beberapa bulan lalu saya sempat membuat postingan mengenai bagaimana awalnya saya bisa ikut dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) bidang penelitian di postingan ini. Setelah proposal kelompok PKM saya disetujui dan didanai,tentunya cerita PKM ini ada kelanjutannya. Untuk mempertanggungjawabkan dana yang telah diberikan serta memantau jalannya penelitian yang dilakukan, pihak UGM beserta Departemen DIKTI secara berkala melakukan monitoring dan evaluasi (MONEV). Bagi yang sudah pernah mengikuti kegiatan PKM sebelumnya mungkin istilah monev tidak asing lagi, tapi bagi saya yang baru pertama ikut PKM pelaksanaan monev ini sangat penting dan wajib masuk blog ini.
            Monev pertama yang saya ikuti bersama teman – teman lainnya yakni monev internal yang dilakukan oleh UGM yang dilaksanakan di GSP. Ada cerita yang cukup menarik dalam monev ini, waktu itu pelaksanaan monev dilakukan pada jam kuliah, sehingga saya harus merelakan jam kuliah dan praktek saya demi monev ini. Karena ini adalah monev yang paling pertama bagi saya, tentunya ada sedikit rasa was – was untuk menjalaninya,terlebih lagi materi penelitian yang kelompok saya ambil belum pernah saya dapat dibangku kuliah,sehingga saya harus berusaha mempelajarinya sendiri diluar jam kuliah. Semua materi saya pelajari dan persiapkan dengan baik sebelum monev, file presentasipun sudah siap dan mantap. Materi kuliah dihari monev tersebut saya buang jauh sementara dan fokus terhadap penelitian ini. Yang ada dipikiran saya saat akan segera memasuki ruangan monev yakni apa yang akan ditanyakan nanti, bagaimana jika ditanyakan materi yang belum pernah saya pelajari, atau mungkin menanyakan cara mengolah data arus laut yang saat itu kelompok saya masih bingung dengan pengolahannya. Namun begitu memulai monev berlangsung apa yang ada dibayangan saya cukup berbeda, tidak ada presentasi dengan laptop atau proyektor, tidak ada pertanyaan mengenai materi penelitian apa lagi cara olah data, yang lama dikritik dan diberi saran justru dari dokumentasi berupa foto yang kelompok kami lampirkan di log book saat itu. Mungkin fotonya bisa dibuat lebih formal, bisa sambil duduk atau seolah –olah menjelaskan apa yang diteliti” itu salah satu saran dari pemonev saat itu. Memang dokumentasi yang kelompok kami tampilkan saat itu dalam posisi santai dan lesehan di lantai. Dokumentasi ini memang tidak begitu kelompok saya persiapkan karena terlalu fokus akan materi penelitian.
            Walau sedikit kecewa karena harus meninggalkan pelajaran kalkulus serta praktek pemrograman computer saat itu demi komentar akan dokumtasi,saya tetap berfikir positif saja. Dengan dokumentasi yang baik, akan bisa meyakinkan seseorang akan pekerjaan yang telah kita lakukan. Jadi buatlah dokumentasi penelitianmu dengan baik.
Ini salah satu dokumentasinya