Sunday, November 10, 2013

PKM di Tahun ke 2

17 Oktober 2013
            Pagi ini saya harus pergi ke baleirung / kantor pusatnya UGM, ini bukan kali pertamanya saya kesini tapi saya selalu kagum dengan tempat ini, design bangunannya unik,halaman yang tertata rapi, jalannya bersih dan tidak ada motor yang boleh masuk, ditambah lagi lampu taman yang tidak seperti lampu-lampu taman di Indonesia lainnya membuat tempat ini seolah – olah bukan di Indonesia.
            Tapi tunggu,  kali ini bukanlah baleirung yang mau saya ceritakan, tujuan saya ke baleirung adalah untum membawa lembar pengesahan PKM-penelitian saya untuk dimintai tanda tangan, ini adalah kali keduanya saya mengikuti kegiatan PKM. Sampai dibaleirung terlihat sudah banyak mahasswa yang mengantre untuk menaruh lembar pengesahan. Pemandangan ini mengingatkan saya pada pengalaman saya tahun lalu yang juga datang kesini untuk mengumpulkan lembar pengesahan. Waktu itu saya masih beberapa bulan menjadi mahasiswa, dan waktu pengumpulan lembar pengesahan tahun lalu bertepatan dengan hari UTS. Waktu itu saya cukup frustasi dibuatnya karena besoknya saya harus mengikuti UTS mata kuliah Geologi, karena ini adalah UTS pertama saya sebagai mahasiswa, saya ingin mempersiapkannnya sebaik-baiknya, tapi karena mengurus PKM ini saya harus meluangkan waktu saya. Disaat beberapa teman saya, saya lihat sudah kemana – mana membawa buku Geologi, saya masih harus mondar – mandir mnegurus PKM,saya cukup tegang juga waktu itu,, bagaimana nanti saya belajarnya kalau mengurus PKM lama begini. Tapi saya mencoba berpikir positif saja, selesai mengumpulkan lembar pengesahan saya harus fokus belajar. Walau disibukkan dengan PKM, akhirnya nilai Geologi saya juga dapat A. Disinilah letak kepuasannya, disaat kita ikut kegiatan seperti PKM tapi kita masih bisa memanagemnet waktu untuk belajar, dan akhirnya keduanya sukses dijalani, walaupun waktu itu PKM saya tidak sampai PIMNAS, tapi sudah lumayan karena bisa didanai, apa lagi ini adalah pertama kalinya saya ikut PKM.
            Ditahun kedua sekarang saya kembali mengikuti PKM bersama 2 orang senior saya kali ini saya memberanikan diri menjadi ketua kelompok. Saya kembali memilih PKM Penelitian lagi ditahun ini, idenya sebenarnya datang dari penelitian senior saya yang sudah pernah dilakukan tahun lalu, saya diajak untuk memebantu menjadikan penelitiannya menjadi proposal yang siap diajukan untuk PKM, dengan bekal pengalaman ikut PKM tahun lalu tentunya ajakan senior ini tidak akan saya tolak, karena sebelumnya saya juga kesulitan mencari ide untuk PKM. Dalam PKM ini judul penelitiannya yakni Analisis Pemantauan Deformasi Horisontal Waduk Sermo dari Tahun 2012 sampai 2013 dengan Metode Hitung Kuadrat Terkecil sebagai Bentuk Mitigasi Bencana Alam . Judul kali ini tidak “sesangar” judul tahun lalu menurut saya karena beberapa materi dalam penelitian ini sudah saya dapat di perkuliahan, tidak seperti tahun kemarin yang hampir keseluruhan materi PKM belum saya dapat dikuliah, akhirnya saya harus belajar sendiri dari awal untuk bisa berkontribusi di PKM tahun lalu.Saya merasa beruntung bisa dekat dengan senior, ide dan hasil penelitian bisa saya dapat cuma-cuma, kini tugas saya adalah membantu menuliskannya ke dalam proposal PKM.  Penulisan proposal PKM ini harus mengikuti aturan penulisan dari dikti, dapat dilihat di panduan PKM 2013. Tinggal di search d google saja pandaunnya pasti bisa didapat.
            Kegiatan – kegiatan PKM sepertinya sangat positif menurut saya, ini adalah salah satu sarana untuk memperkenalkan jurusan kebangaan saya,yakni Teknik Geodesi.. Sudah seharusnya mahasiswa Geodesi ikut berpartisipasi kegiatan PKM ini, dengan jumlah jurusan Geodesi yang masih sedikit di Indonesia, kita perlu mempolurken Geodesi. Seorang guru besar saya mengatakan Cara terbaik menarik perhatian orang yakni dengan menunjukkan prestasimu. Di PKM ini saya akan berusaha untuk membawa nama Geodesi agar bisa menuju ke PIMNAS. Astungkara. Ayo rekan – rekan mahasiswa Geodesi kta tunjukkan prestasi anak Geodesi di ajang PKM ini.

Best Regards,
Made Sapta – Geodesi UGM 2012