Monday, June 25, 2018

Menulis dan Bekerja



25 Juni 2018

Malam ini secara tidak sengaja saya membuka kembali beberapa file kuliah yang mengingatkan saya kembali mengenai “masa kejayaan’ dimana setiap ada kegiatan baru atau hal-hal yang menarik akan selalu saya tuliskan dan posting di website saya. Namun kini sudah berbeda, ketika sudah bekerja entah mengapa menulis terasa begitu berat. Bahkan ketika memulai tulisan ini, saya ingin membatalkan untuk menulis ketika baru menulis tiga kata. Jika dulu saya sering menulis, beberapa tujuannya untuk menyimpan hal-hal penting seperti ilmu, pengalaman, atau perjalanan agar suatu waktu bisa dibuka kembali dimana saja dan kapan saja. Berbeda orientasi dengan sekarang, impian untuk membangun rumah dengan keringat sendiri, memiliki usaha sendiri dapat mengalihkan hobi menulis yang dulunya terasa begitu semangat dan menggairahkan kini mulai memudar. Tentu saja ini adalah hal yang tidak bagus, dulu dengan konsisten menuliskan hal yang positif saya mendapat pengalaman yang tak terduga. Kini menulis terasa berat dan melelahkan. Mungkin penulis lain pernah meraskan ini.
Kini dengan roster keja yang cukup bagus, 52 hari kerja dan 13 hari libur sepertinya hobi menulis ini harus tersalurkan kembali. Bahkan buku Catatan Inspirasi Geodet Muda ini tak terurus. Perlu stategi untuk mengatur kembali pemasarannya. Bagi yang belum beli silahkan pesan nanti bulan Juli ketika saya cuti J (ini iklan). Kembali lagi ke menulis dan bekerja, dalam ajaran Hindu mungkin saya mulai memasuki masa peralihan antara Brahmacari (Masa menuntu ilmu) dan Grahasta (Masa membangun keluarga). Orientasi untuk merangkum ilmu dan pengalama baru ke dalam website mulai beralih dengan bekerja dan berpenghasilan untuk membangun rumah bangunan dan rumah tangga.
Setidaknya malam ini saya memaksa diri saya untuk menulis kembali. Guru saya mengatakan semangat seorang penulis dapat semangat menulis kembali ketika mendapat respon positif dari pembaca. Saya berencana untuk menulis beberapa keilmuan tentang software yang digunakan dalam dunia tambang. Apakah saya akan menuliskannya? Jika saya ada satu komentar positif di postingan ini mungkin saya akan menuliskannya J

Mess PT BUMA
Desa Angsana, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan

No comments:

Post a Comment