Friday, September 14, 2012

Alat Bantu Ukur Tanah

1. Tripod
Terbuat dari kayu atau aluminium. Terdiri dari sebuah kepala kaki tiga ,tempat alat diletakkan . 3 buah kepala kaki tiga terbuat dari kayu atau logam yang bersendi pada kepala kaki tiga. fungsinya sebagai dasar atau penampang yang menyangga alat survey dan menjaga agar tetap stabil terpancah ditanah.

2. Rol meter





Terbuat dari steel tape ,memiliki panjang 3m dan berat 0,5 kg. memiliki fungsi untuk mengukur panjang.

3.  Pita Ukur

Terbuat dari kain ( metalic cloth) atau baja,satuan terkecilnya mm/ cm memiliki fungsi mengukur panjang

4.Pen ukur

Terbuat dari baja,memiliki ujung runcing menyerupai patok dan bagian atasnya berbentuk lingkaran. memiliki panjang 50 cm dengan diameter lingkaran 8cm. Fungsinya untuk sudut baiki sudut horisontal ataupun vertikal
 dan dapat pula lereng.

5. Unting - Unting
terbuat dari kuningan ,berbentuk seperti buar pir apointed/kerucut dengan bagian atas diikat dengan pita kasur. Fungsinya untuk memproyeksi suatu titik secara vertikal ke bawah.

6. Rambu Ukur

Terbuat dari kayu atau aluminium memiliki panjang 3-4 meter dapat dipendekkan atau dipanjangkan.Sebagai penunjuk skala yang setiap stripnya menunjukkan 1 cm biasanya selang seling berbntuk huruf E. fungsinya  sebagai pelengkap alat ukur optik seperti water pas sewaktu melakukan pengukuran jrak atau beda tinggi.

7.Jalon

terbuat dari tonggak kayu atau besi,memiliki diameter 1,5 - 3 centimeter, dan pangjang 1,5 - 3m. Fungsi sebagai pelurusan dalam pengukuran.

8. Sepatu Rambu

Terbuat dari besi,berbentuk segitiga,memiliki tiga kaki yang runcing. fungsinya untuk menjaga rambu ukur agar tetap dalam keadaan datar dan tidak berubah posisinya.

9.Patok
terbuat dari kayu dengan ujung runcing. berfungsi sebagai penanda titik pengukuran.

10. Pen koreksi
Terbuat dari besi sebesar jeruji sepeda,panjang 10-15 cm.fungsinya untuk memutar skrup koreksi nivo.

11. Kompas
fungsinya sebagai penunjuk arah.

kira2 itu saja alat - alat bantu ukur tanah yang sering digunakan seorang geodet. semoga bermanfaat.
don't forget to leave a comment.