Saturday, January 19, 2013

Kenapa Harus Memilih Teknik Geodesi




Sehubungan dengan semakin dekatnya pelaksanaan SNMPTN 2013,yang merupakan jalur resmi untuk mencari universitas bagi siswa SMA kelas 3,rasanya sangat perlu mepromosikan jurusan yang saya geluti saat ini,yakni Teknik Geodesi. Hal ini saya lakukan untuk berbagi informasi yang saya ketahui mengenai teknik geodesi. Memang belum banyak yang saya ketahui, tapi tidak ada salahnya saya membagi apa yang saya ketahui baik itu yang saya peroleh dari pengalamamn saya sendiri, sharing2 dengan senior ataupun membaca di internet. Semoga saja tulisannya dapat membantu teman – teman yang berminat memilih jurusan teknik geodesi.
Berikut adalah alasan kenapa harus memilih teknik geodesi dari sudut pandang saya :
  1. Peluang kerja sangat banyak
 Secara garis besar, lulusan Teknik Geodesi dapat bekerja di berbagai bidang yaitu :
1.   Lembaga Pemerintahan (Badan Pertanahan Nasional, Badan Koordinasi Survey dan Pemetaan Nasional, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, Bappeda, Departemen Pertambangan dan Energi, Departemen Kehutanan, Departemen Perhubungan, Kimpraswil, Departemen PU, Bappeda, Bappenas, Pertambangan, BPN, Bakosurtanal, Lembaga Riset (BPPT, LIPI), dan lain-lain).
2.   Industri Swasta (Surveyor Indonesia, PT Aneka Tambang, PT Timah, Freeport, Pertamina, Caltex, Total Indonesia, Slhumberger, Kontraktor Bangunan (WiKa, Konsultan Teknik, dan lain-lain).
  1. Lulusan sarjana geodei masih sedikit di Indonesia ,namun peluang kerja sangat banyak
            Di Indonesia sendiri masih sedikit universitas yang memiliki jurusan teknik geodesi,namun kebutuhan akan sarjana geodesi masih sangat banyak,jadi selama kita mau berusaha pasti pekerjaan itu akan datang pada kita. Banyak dari senior2 saya di UGM yang sudah mempunyai pengalaman kerja saat masih kuliah karena sering mengikuti proyek2 bersama dosen. Beberapa universitas yang memiliki jurusan teknik geodesi antara lain UGM,ITB,UNDIP,ITS.
  1. Gaji besar
Jika kita mengmbil pekerjaan dibidang pemerintahan misalnya BPN (Badan Pertanahan Nasional),maka gajinya adalah gaji seorang PNS,ditambah lagi uang tambahan jika mengikuti proyek-proyek pengukuran dibidang pertanahan,,dan uang tambahan itu sangat mungkin melebihi gaji. Sedangkan jika mengambil pekerjaan dibidang swasta,misalnya saja diperusahaan tambang minyak atau batu bara gajinya tentu beda dari gaji PNS, dari sharing2 dengan senior memang katanya gaji diperusahaan tambang itu besar, apa lagi diperusahaan2 internasional, tapi dibalik gaji besar tentu ada kerjaan yang besar juga.
  1. Masih banyak yang belum mengenal jurusan teknik geodesi,sehingga peminatnya sedikit dan peluang diterimanya besar.
Memang jurusan teknik geodesi masih belum banyak dikenal orang,hal ini dikarenakan ilmunya tidak digunakan oleh masyarakat luas seperti halnya dokter,tapi hanya digunakan beberapa orang,misalnya diperusahaan tambang ataupun di bandara untuk menentukan kordinat jalur penerbangan. Alasan ini juga yang membuat saya lebih memilih geodesi saat snmptn dlu.

          



Lalu apa saja yang dipelajari selama perkuliahan??

            Sebagian besar pelajarannya berkaitan dengan hitungan,jadi sangat disarankan teman teman untuk menyukai matematika karana itu akan memudahkan. Untuk semester satu yang dipelajari adalah kalkulus,aljabar linier,statistika dan teori kesalahan,ilmu ukur tanah,hukum agraria,pengantar geodesi dan geomatika,bhs inggris,dan geologi. Untuk semester semester atas, ada pelajaran hitung perataan,survey tambang,fotogrametri,survei hidro, survey rekayaya, sistem transformasi koordinat, survey digital , geodesi satelit dan lain lain.



Itulah sedikit gambaran mengenai teknik geodesi,adakah yang masih ragu dengan jurusan ini???

semoga informasinya bisa membantu dan meyakinkan teman – teman untuk memilih jurusan teknik geodesi. Jika kamu tertarik dengan Geodesi, mugnkin buku saya akan membantu kamu untuk tahu lebih dalam tentang Geodesi. Silahkan PESAN BUKU SAYA.



PESAN BUKU SAYA

306 comments:

  1. apa perbedaan geodesi dengan geologi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau geodesi itu lebih mengarah ke bidang pengukuran jadi masuk kebidang infrastruktur sedangkan geologi itu lebih mengarah ke bidang energi,misalnya ditambang seorang sarjana geodesi tu biasanya melakukan pengukuran terhapan volume bahan-bahan tambang yang diperoleh, sedangkan sarjana geologi yang menetukan batuan mana yang berguna dan kandungan apa yang ada didalamnya,,misalnya emas ,tembaga,dll. Perbedaannya lagi untuk geodesi pelajarannya lebih menenkankan hitungan karena hasil pengukuran adalah angka,sedangkan geologi banyak menghafl,biasanya banyak menghafal jenis jenis mineral yang terdapat dalam batuan. semoga membantu.

      Delete
    2. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
  2. Replies
    1. saya angkatan 2012 mas, masih baru dan masih perlu banyak blajar. Mas ferdian geodesi UGM jga kan? salam kenal ya mas :)

      Delete
  3. susah gak sih kak pelajarannya?
    geodesi di ugm apa sampe S1 kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pelajarannya gak susah, asal kamu menyenanginya pasti bisa :) Saran saya jangan pernah benci matematika kalo masuk geodesi :)

      Di UGM ada D3 Geomatika, S1 Teknik Geodesi dan Geomatika, dan S2 Teknik Geomatika.

      Delete
  4. presentasi lulusan geodesi terbanyak kerja dimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk presentase pastinya saya kurang tau juga, tp melihat beberapa senior saya yang sudah lulu, diswasta banyak yang ditambang dan negrinya banyak ke BPN.

      Delete
  5. kak, apakah teknik geodesi di UGM sendiri banyak peminatnya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. peminatnya memang tidak sebanyak dokter,tapi tiap tahun slalu bertambah,angkatan 1 tahun diatas saya yang memilih Teknik Geodesi lewat snmptn undangan ada 600an kuotanya hanya 45, pas angkatan saya katanya sudah lebih dari 600,saya kurang tau pastinya,coba lihat di web ugm.

      Delete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. salam ya buat para dosen dikampus :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya,,boleh kenalan dulu ini mbak atau mas? :)

      Delete
  8. salam kenal saya dari geodesi undip :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal Sandy :)
      punya blog juga gak atau artikel yang berkaitan dengan geodesi? mungkin bisa dishare dan dibagi ilmunya disini :)

      Delete
    2. Salam kenal, saya geodesi juga

      Delete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. Mau nanya kak. Undip tuh adanya Teknik Geodesi apa Geodasi aja? Soalnya kalo saya liat liat di situsnya, adanya teknik geodesi. Tapi pas pilih jurusan undip di umbptn, adanya geodesi aja. Bukan teknik geodesi. Tolong penjelasannya, makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf sebelumnya buat yang nanya ini,saya sebenarnya teknik geodesi UGM,tapi sepengetahuan saya dimana - mana geodesi itu masuk fakultas teknik,jadi mungkin geodesi dan teknik geodesi itu maksudnya sama saja, ditulis geodesi saja mungkin karena geodesi itu dianggap sudah semuanya tau masuk fakultas teknik. Tapi ada baiknya ditanyakan lagi ke mhsswa undipnya,, coba juga hubungi CP yang ada di website Undipnya. :)

      Delete
  11. apa tugas gambarnya geodesi serumit arsitektur/sipil ? oh iya, salam kenal saya geodesi ugm 2013

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dibilang rumit, tidak terlalu rumit menurut saya,saya tidak bisa membandingkan lebih rumit mana gambar anak arsi/ sipil dibandingkan geodesi karena belum banyak tau gambar anak sipil atau arsi. Tapi sepengetahuan saya gambar arsi lebih menekankan seninya , sipil banyak kekontruksi bangunan, sedangkan geodesi itu gambarnya kan berupa peta, rumitnya biasanya dalam proses pengukurannya. Untuk dapat mebuat peta itu biasanya perlu waktu pengukuran dilapangan yang cukup lama. Tiap jurusan punya kerumitan masing2. Terimakasih atas pertanyaannya.

      Made Sapta

      Delete
    2. Apakah sulit kak untuk lulus dan masuk jurusan Tek.Geodesi UGM? Soalnya saya kepengen banget lulus dan masuk di jurusan Tek.Geodesi UGM. tolong jawabannya kak .Terimakasih: )

      Delete
    3. Tidak sulit asal rajin belajar :)

      Delete
  12. wah, kakak dari tabanan ya? sama dong.. tabanan apa? pengen kuliah disana taun depan.. tapi masi bingung mau di ugm ato its? kalo piagam juara umum bisa dilampirkan klo ikut SNMPTN?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya saya dari tabanan :) saya tinggalnya disangulan. Desya sekarang SMA dimana? mending UGM aja :) . Piagam juara bisa dilampirin kok,lampirin aja nanti.

      Delete
    2. di bisma kak. kakak alumni smasta? kalo ikut bidik misi itu gimana? trus UKT nya bayar brapa?

      Delete
    3. iya alumni smasta,untuk bidikmisi itu ada panduannya kok desya,, cba kamu googling di internet pasti ketemu, dibaca baik2 panduannya ya :) . ka2k masih punya kok panduannya, klo mau ntr hubungi ka2k aja.
      ka2k nrima bidik misi desya, jadi gak bayar UKT. Kurang tau berapa harusnya bayar,tp gak terlalu mahal kok. Minat geodesi nih?

      Delete
    4. iya minat, kakak.. mudah-mudahan dikasi ke jogja.. wkwk.. uda kok search di mbah google, isi foto rumah gitu ma pnghsilan ortu, dll, tapi kurang jelas kak.. btw, uda adek konfirm ya kak.. hehe

      Delete
    5. klo kurang jls nanti tanya ka2k aja, gak harus lewat blog ini juga. dlu ka2k banyak dibntu ama senior digeodesi maslh nyari beasiswanya, jadi klo ada yng bisa ka2k bntu nanti ka2k usahain bantu. Semoga tertarik ama geodesi.

      Delete
    6. nanya nya kalo gak lewat blog lewat mana? :s
      lewat fb?

      Delete
    7. iya bsa lewat fb, di fb jga ada no hp ka2k bisa dihubungi,ka2k juga sekarang lgi libur, jadi gak terlalu sibuk klo emang mau nanya2 Bidik Misi. Semangat nyari bidik misi ya, bidik misi tu sangat membantu.

      Delete
  13. salam kenal kak, saya jg baru dterima geodesi ugm angkatan 2013

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal tofa, maaf bru bls ya, semangat kuliah digeodesinya ya :)

      Delete
  14. numpang tanya bang.. ane dari d3 survey pemetaan kalo mau transkip nilai alias nyambung ke S1 TEKNIK GEODESI UGM mash bsa gag ya bang ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kurang tau pastinya gmn caranya lanjut kalau dari d3 ke S1, yang saya tau buat masuk s1 bisa lewat snmptn, sbmptn, dan UM-Mandiri.

      Delete
  15. gaji gede ? jangan tergiur dulu. lihat kerjanya kayak gmana. lihat lingkungan kerjanya.

    ReplyDelete
  16. terimakasih atas comentnya mas/ mbak anonim :)
    saya memang belum bekerja karena masih kuliah,jadi belum tahu benar gmn rasanya bekerja menjadi surveyor nanti. setiap pekerjaan pasti punya tantangan tersendiri termasuk menjadi surveyor. Mungkin ada alumni teknik geodesi yang sudah bekerja dan aktif menuliskan pengalamannya selama bekerja bisa berbagi pengalamannya disini jika berkenan,,
    ini ada blog alumni teknik geodesi UGM yang sering menuliskan pengalaman kerjanya, mungkin bisa menjadi pedoman buat teman2 yang berminat masuk teknik geodesi,ini linknya http://dennipasca.blogspot.com/

    ReplyDelete
  17. Terima kasih mas Sapta :)
    Informasi yang sangat bermanfaat, karena saat ini saya juga di sarankan untuk mengambil Geodesi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama - sama Toru, good luck ya :)

      Delete
    2. emm, mapel yg perlu di kuasai sejak sekolah untuk teknik geodesi apa mas?? :)
      saya Alhamdulillah cukup menguasai Fisika, Matematika dan Bahasa Inggris :)

      Delete
    3. Nah itu sudah bagus, yang memang perlu dikuasai memang matematika dan fisika, bahasa inggris juga sangat perlu, yang hitung2an diperkuat aja :)

      Delete
  18. Mas klo blh tanya nilai minimal msk teknik geodesi wktu snmptn brp? mksh

    ReplyDelete
  19. saya kurang tau mas/mbak anonim,karena itu tidak pernah dikasi tau oleh jurusan, dan waktu snmptnpun tidak ada dijelaskan. Tapi sepengetahuan saya,yang berminat itu biasanya dirangking dulu kemudian dipilih beberapa peringkat terbaik. Misalnya ada peminat 500, kuota hanya 45, maka dipilih 45 orang dengan nilai terbaik dari 500 itu setelah dirangking. nah penilaian untuk menjadi 45 terbaik itu saya kurang tau,, bisa dari nilai saja atau mungkin ada aspek yang lainnya.

    Made Sapta

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas nya pas masuk nilai rata2 rapotnya brp pas masuk klo blh tau? Mksh

      Delete
    2. Klo nilai sktr 85 msh bs diterima ga ya? Sklhku akreditasinya A

      Delete
    3. Berdoa aja biar bisa diterima, mas juga kurang tau. :)

      Delete
  20. di geodesi itu ap aj ya yg di perdalam??
    bnyk kerja lapangan ga kak?

    ReplyDelete
  21. Banyak kerja lapangan kok,yang diperdalam lebih ke ilmu pengukuran buminya serta penentuan posisi, bisa darat,laut maupun udara.

    ReplyDelete
  22. Ka untuk masuk teknik geodesi ini passing grade nya apakah tinggi? Terus dari segi akademik apa saja yang menjadi persyaratannya? Saya minat banget ka pngen masuk ke teknik geodesi.:) Terimakasih ka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya lupa sekarang passing gradenya berapa, bisa dicari lewat google saja atau lihat wesitenya snmptn. Mohon maaf belum bisa banyak membri info mengenai passing grade. Dari segi akademik persyratannya tergantung jalur masuknya, klo dlu saya lewat snmptn undangan tentunya syaratnya nilai rapotnya bagus, kalau lewat snmptn tulis syaratnya tentu bisa menjawab soal2 yang diberikan dengan presentasi kebenaran menjawab sesuai dengan yang disyaratkan. Silahkan kalau ada yang imgim ditanyakan lagi, saya jawab sepengetahuan saya.

      Made Sapta

      Delete
  23. Salam kenal, saya dari geomatika UGM'13.

    ReplyDelete
  24. kak, kalo geodesi itu yang cewek prospek kerjanya sebesar yang cowok gak sih? kalo kayak geologi kn enggak tuh, yang cewek cuma bjsa kantorannya doang,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya jawab setahu saya ya, untuk prospek kerjanya itu tergantung mau dimana, jika mau bekerja lapangan seperti tambang misalnya, memang diutamakan yang cowok,.tapi jangan khawatir, biasanya selalu ada lowongan untuk cewek dan masih mungkin lowongannya itu kerja lapangan, tapi mungkin memang tidak sebanyak untuk cowok.
      Untuk kerja di pemerintahan seperti BPN atau BIG, untuk cewek terbuka lebar.

      Delete
    2. boleh bantu jawab? untuk peluang kerja buat cewek di bidang geodesi bisa dibaca di sini http://danangsusetyo.blogspot.com/2013/12/wanita-cocokkah-masuk-jurusan-geodesi.html semoga bermanfaat :)

      Delete
  25. salam kenal kak. Saya anak SMK jurusan teknik survey dan pemetaan. Kata guruku, alumni smk kami yg jurusan teknik survey paling bnyk ngambil teknik sipil di unsri dan geodesi ugm. Kira kira persaingan dalam perebutan bangku di geodesi ugm tahun 2014 nanti ketat gak y?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam Kenal. Untuk persaingannya memang tidak seketat kedokteran, tapi peminatnya 2 tahun belakngan ini terus meningkat. Saran saya coba cari info jumlah peminat tahun lalu dan 2 tahun lalu,bisa cari di web snmptn, liat kuota diterimanya,(biasanya 90 per angkatan), nah coba dipertimbangkan aja nilaimu apa sudah bagus gak untuk bisa diterima :)

      Delete
    2. oh iya kak makasih banyak. Aku udah cek kok peminat geodesi ugm sejak 2 tahun terakhir.
      O ya, aku pengen banget di geodesi ugm sejak kelas 10. Nah, kalau ikt snmptn undangan lebih baik geodesi itu ditulis dipilihan pertama atau kedua?.

      Delete
    3. oh iya kak makasih banyak. Aku udah cek kok peminat geodesi ugm sejak 2 tahun terakhir.
      O ya, aku pengen banget di geodesi ugm sejak kelas 10. Nah, kalau ikt snmptn undangan lebih baik geodesi itu ditulis dipilihan pertama atau kedua?. dan nilai raport yang diambil itu semua mata pelajaran atau yang tertentu aja?.

      Delete
    4. Kalo memang berminat lebih baik pilihan pertama, untuk nilai yang diambil saya kurang tau pastinya, tapi waktu angkatan saya yang diambil adalah nilai pelajaran yang diujian nasionalkan.

      Delete
    5. waduh kalau gitu beda dong ama anak smk. Kan kami yg diujinasionalkan cuma b.indo,b.ingg, mtk, dgn teori kejuruan.
      Kak boleh tanya lagi gak?.

      Delete
    6. gini loh kak, kan seperti kakak bilang, kalau emang minat mending geodesi pilihan 1. Itu artinya pilihan ke2 gradenya lebih rendah dari geodesi. Sedangkan jurusan yg passing gradeny lebih rendah geodesi Sperti pertanian n biologi gak sesuai dgn minat dan bakat saya. Tapi grade diatas geodesi sesuai dgn minat n bakatku. Sperti geofisika atau planologi.
      Jadi gimana kak ngatur pilihannya?.

      Delete
  26. agung Gusti KhairiDecember 9, 2013 at 9:35 PM

    kak,hitung-hitungan saat belajar geodesi itu sulit gak? thanks,mohon jawabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak sulit, asal kamu menyenanginya :)
      Kalau tidak suka matematika,atau hitungan saya jamin pasti akan terasa sulit :)

      Delete
    2. oke kak;)
      universitas swasta yg ada geodesi yg bagus dimana ya kak? untuk cadangan kalau gak masuk PTN

      Delete
    3. Saya kurang tau kalo yang swasta karena tak banyak ada jurusan geodesi, perjuangkan di PTN saja, UGM,ITS,UNDIP,ITB,ITN dll masih bisa diperjuangkan, :)

      Delete
  27. Kak bli, bedanya jurusan teknik geodesi sama kartografi dan penginderaan jauh itu apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya jawab sepengetahuan saya ya, Geodesi itu merupakan ilmu yang mempelajari pengukuran bumi, baik udara, darat maupun lautan. Untuk penginderaan jauh adalah salah satu bagian ilmu yang dipelajari dalam geodesi dibagian pengungukuran di udara(extraterestrial),misal penggunaan citra satelit. Geodesi juga mempelajari pemetaan dalam mata kuliah kartografi, jadi kartografi dan pengindraan jauh adalah beberapa bagian yang dipelajari oleh mahasiswa geodesi. Maish banyak hal lain yang dipelajari mhs geodesi, misalnya pengukuran kedalaman laut (batimetri) dan lain2.
      Demikian jawabnnya, semoga dapat memberi gambaran :)

      Delete
  28. Saya jawab sepengetahuan saya ya, Geodesi itu merupakan ilmu yang mempelajari pengukuran bumi, baik udara, darat maupun lautan. Untuk penginderaan jauh adalah salah satu bagian ilmu yang dipelajari dalam geodesi dibagian pengungukuran di udara(extraterestrial),misal penggunaan citra satelit. Geodesi juga mempelajari pemetaan dalam mata kuliah kartografi, jadi kartografi dan pengindraan jauh adalah beberapa bagian yang dipelajari oleh mahasiswa geodesi. Maish banyak hal lain yang dipelajari mhs geodesi, misalnya pengukuran kedalaman laut (batimetri) dan lain2.
    Demikian jawabnnya, semoga dapat memberi gambaran :)

    ReplyDelete
  29. o iya kak, boleh tau fb kakak gak? Karena masih ada beberapa yg mau aku tanya. Bkn tntang apa itu geodesi, tapi lebih tepatnya tips tips agar msk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. di halaman beranda depan,sebelah kanan ada link fb saya, kalo belum ketemu bisa search Made Sapta Hadi di fb, atau email saya saptahadi9@gmail.com,saya akan bantu sebisa saya nanti :)

      Delete
  30. di halaman beranda depan,sebelah kanan ada link fb saya, kalo belum ketemu bisa search Made Sapta Hadi di fb, atau email saya saptahadi9@gmail.com,saya akan bantu sebisa saya nanti :)

    ReplyDelete
  31. kak rencana ak mau ambil geodesii, tetapi setelah saya googling geodesi itu mengutamakan hitung2an
    saya pun tidak menyukai pelajaran hitung2an, tp saya lebih menyukai hafalan kak
    apa solusi nya ke geologi aja ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu terserah kamu andre, tergantung mau kerja dimana. Semua teknik biasanya ada hitungannya.

      Delete
  32. kalo mau masuk geodesi harus jurusan ipa ya? ngga bisa ips?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu saya harus ipa, atau smk yang terkait geodesi seperti smk pemetaan dan survei,

      Delete
  33. kak mau nanya kalau yang di SMAnya jurusan ips bisa nggak kuliahnya daftar SNMPTN jurusan teknik geodasi ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. setahu saya harus ipa,tapi coba tanyakan aja lagi ke panitia snmptnnya biar lebih yakin.

      Delete
  34. kak sapta, kalo boleh tau waktu SMA anda peringkat brpa? klo bisa urut dri semester 1-5

    ReplyDelete
    Replies
    1. pertanyaanya detil sekali ya, nanti tolong diisi namanya ya klo bertanya :)
      ini urutan peringkat saya dari smtr 1 ampe 5
      2
      3
      2
      11
      4

      Delete
    2. Kak lulus lewat jalur SNMPTN? nilai raport kk Sapta dri smester 1-5 tuh naik terus gk wlwpun perigkatnya turun?

      Delete
  35. kak sapta dulu waktu lulus UN nilainya un berapa??
    satu lagi kak., kalau rata-rata semester 1-5 yang materi UN cuma 84,464 kemungkinan bisa masuk geodesi UGM egak kak?? *prediksidonggg*

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah saya udah lupa nilai unnya, sbenarnya saya bukan ahli prediksi, tapi nilaimu cukup bagus, banyak2 doa aja sama bljr lagi buat jaga2, goodluck :)

      Delete
    2. Kalo rata" UN-nya brpa kak? mencapai 9 gak?

      Delete
  36. Teknik Geodesi itu prospek kerja yang hampir pasti itu kerja apa ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tolong cermati lagi tulisan saya diatas ini, semua pekerjaan yang saya tulis disana itu sangat pasti :) perlu bukti? ini blog alumni geodesi yang bekerja di perusahaan offshore dengan gaji yang sangat menggiurkan, kamu bisa baca2 pengalamannya di http://dennipasca.blogspot.com/ , atau ada juga dosen saya yang sudah keliling dunia berkat geodesi http://madeandi.com/ ,

      Delete
  37. kak, teknik goedasi harus bisa gambar gg sih ?

    ReplyDelete
  38. mas mau tnya bedanya geodesi sama geomatika tu apaan sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Geodesi ama geomatika sama saja, dulu namanya geodesi, tapi karena perkembangan teknologi menjadi geomatika, kalo di ugm prodinya namanya Teknik Geodesi dan Geomatika, itu satu prodi.

      Delete
  39. mau nanya ka, susahan masuk geologi atau geodesi? kalo undangan itu nilai rapotnya rata-ratanya berapa? makasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Susah tidaknya tergantung nilai kamu :) gak ada batas nilai2 rata2 buat ikut undangan,ketrima nggaknya tergantung saingannya ama nilaimu lagi :)

      Delete
  40. Ratih Devita AnggraeniFebruary 8, 2014 at 7:03 AM

    kak, geodesi sama geomatika bedanya apa?

    ReplyDelete
  41. Bisa dibacakomen sebelumnya ya :)

    ReplyDelete
  42. Hai Kak Sapta, mau tanya..bagaimana peluang kerja geodesi untuk cewek? apakah cowok lebih diutamakan dalam bekerja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Ratih, untuk peluang kerja cewek cukup besar juga, tapi untuk yang dilapangan memang kebanyakan dibutuhkan cowok, tapi tenang aja karena selalu ada lowongn kerja juga untuk cewek, kalo dikantoran peluang kerja buat cewek sangat besar :)

      Delete
    2. kalo kerja di kantor contohnya di perusahaan apa aja kak?

      Delete
    3. Pertanyaan yang bagus, kalau PNS bisa di BIG(badan informasi geospasial), BPN,Dinas PU, Pertamina, bagian kantornya> kalau di perusahan tambang atau minyak sebenarnya juga ada kantornya, tapi geodesi biasanya ditempatkan dilapagan, beberapa perusahaan yang senior kakak banyak ada seperti Elnusa, Pageo, Sclumberger, Aneka Tambang, dll

      Delete
    4. lalu perbedaan ilmu tanah sama teknik geodesi apa kak? kakak kelasku bilang keduanya hampir sama..

      Delete
    5. Ilmu tanah dan geodesi hampir sama?? itu salah banget, geodesi bisa ngukur di udara,pake fotogrametri, dilaut ada survei hidro, didarat survei teretris, ada pemrograman komputer juga, sistem basis data, sistem informasi geografis, geodesi satelit. Ukur tanah hanya bagian kecil dari geodesi.

      Delete
  43. kuliah di teknik geodesi sibuk gak sih ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lumayan sibuk juga, tergantung mhsnya mau sibuk apa nggak sih.

      Delete
  44. hay kak Sapta, mau tanya..kalau daftar lewat SNMPTN itu bisa melampirkan piagam ya kak?

    ReplyDelete
  45. Mas, apa betul kalau teknik geodesi ugm itu paling dimusuhi sama teknik lain di ft ugm? *baca=tidak mempunyai teman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dapet info dari mana ya itu? kalau dari internet bsa minta linknya?
      Geodesi baik2 saja dengan jurusan lain, jadi tidak ada masalah :)

      Delete
  46. akreditasi teknik geodesi sendiri di ugm apa ya kak ?

    ReplyDelete
  47. Kak, bedanya geodesi, geomatika, geologi, geofisika apa ya??? Terimakasih Sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Geodesi dan geomatika sama saja mempelajari pengukuran bumi, geologi lebih ke mengenal isi bumi seperti batuan2 dan mineralnya, kalau geofisika lebih ke mempelajari gaya2 fisika yang ada didalam bumi?

      Delete
  48. azizah... kak...mau tanya..
    kalau di teknik geodesi itu banyak gamabrnya gag? dan kalau misal ada gambar yang dagambar itu bab apa saja???
    maksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gambarnya gak sebanyak arsi, tapi ada. yang digambara adalah peta, tiap semester slalu ada tugas membuat peta, bisa digital atau manual.

      Delete
  49. bisa nggak kak tamatan smk masuk geodesi ?
    saya sekarang masih duduk dibangku smk,jurusan survey pemetaan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sangat bisa, ddan sudah ada yang masuk di geodesi :)

      Delete
    2. nah kalau misal lintas jurusan kak, misal smk nya jurusan listrik terus mau masuk Geodesi UGM bisa juga ? salam kenal kak sebelumnya~ abe :)

      Delete
  50. Kalau mau masuk teknik geodesi, waktu pelajaran di sma yang ditekankan pelajaran apa aja kak?

    ReplyDelete
  51. salam kenal, kakak. saya ketemu blog ini karena pengen cari tau apa geodesi itu, mau nyari2 jurusan buat ke kuliahan hehe. saya baca kakak dapet bidik misi ya? kalau bidik misi, semasa sma nya harus juara kelas (seenggaknya nilainya bagus terus) dan ikut olimpiade gitu gak sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo sinta, maaf baru sempat balas. Iya enar saya dapat bidik misi. Nggak harus jura kelas dan gak harus olimpiade kok. kakak gak pernah olim[iade, juara kelas beberapa kali saja. Yang terpnting nilai gak jelek2 amat :) ama memenuhi semua berkas yang diperlukan. Berkasnya bisa dilihat di panduan bidik misi ya.

      Delete
  52. apakah kuliah di teknik geodesi bisa disambi bekerja ?? trimakasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo anonim, kuliah digeodesi bisa sambil kerja asal kamu pinter bagi waktu saja. Saya sekrang kerja jadi asdos, bantuin alumni ngurus usaha fitness juga.

      Delete
  53. membaca postingan kakak sepertinya geodesi itu susah ya ?? apa karna saya belum menjalani saja ?? mohon pencerahannya.. terimakasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Geodesi tidak susah asal kamu menyenanginya :) Tenang saja semua ilmu geodesi akan diajari dari dasarnya disemster 1, jadi tidak akan langsung kaget dengan materinya.

      Delete
  54. kak, di teknik geodesi, blajar kimia ga? trus fisika nya mempelajari apa? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak mempelajari kimia, fisikanya dapet fisika dasar aja :)

      Delete
    2. Alhamdulillah ,puji tuhan nggak pake kimia :) makin mantep aja mau masuk kak

      Delete
  55. Sip truskan perjuangan,, jangan pernah berhenti tuk mencapae yang kamu inginkan (y)

    ReplyDelete
  56. hukum agraria itu sperti apa ya ??,, salam kenal kak hadi, saya juga dari Bali (singaraja), baru lulus SMA..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal, hukum agraria itu hukum pertanahan, biasanya kalau jual beli tanah, atau mau mendftarkan tanah, perlu tau hukum agraria,

      Delete
  57. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  58. kak, geodesi itu harus bisa gambar ya? sulita ga gambarnya? saya pengen banget masuk situ tapi saya gabisa gambar kak hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak sulit kok, geodesi itu gambarnya biasanya gambar peta, diutamakan ketelitian,

      Delete
  59. makasih kak infonya, kebetulan tahun ini saya mengikuti SNMPTN dan alhamdulillah keterima di teknik geodesi di UGM, setelah melihat penjelasan kakak, saya makin yakin bahwa sangat banyak lapangan pekerjaan bagi sarjana tek geodesi nanti, sekali lagi trims kak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo ridho, selamat sudah diterima digeodesi UGM ya, sampai bertemu dikampus :)

      Delete
  60. Kak... saya rencana mau ikut sbmptn ke teknik geodesi UGM... Namun kak, saya tidak terlalu jago dalam hitungan namun kuat dlm hafalan... tp saya tetap ingin ke geodesi karena tertarik dan sgt berminat.. Apkah bisa kak? Terus saya kan trgolong tdk mampu, namun saya tdk dftar bidik misi, karena waktu itu saya telat melengkapi persyaratan... solusinya gmana kak? Thanks....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu bisa nyari geodesi, nanti hitungan bisa diperkuat saat kuliah, tenang saja :).
      Solusi untuk beasiswa gampang, begitu kamu diterima di ugm, nanti akan ada banyak tawaran beasswa yang bisa kamu apply, saya akan bantu carikan info beasswa kalau kamu diterima di UGM

      Sapta

      Delete
  61. permisi kak saya minat pada fakultas teknik geodesi UGM ini, saya seakarang masih kelas 2sma kira" 2015 saya baru akan menghadapi UN tepatnya jurusan IPA, mohon minta pencerahaan nya sedikit, apa saja yang harus di persiapkan dan bagaimana caranya supaya saya bisa masuk di ptn ini dengan Undangan ataupun ujian tertulis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Nanda, usaha yang sangat bagus sekali sudah mempersiapkan mencari jurusan jauh2 hari sebelumnya.
      Jika mau masuk geodesi, mulai perkuat ilmu matematikanya ya. Agar bisa lolos undangan nilai kalau bisa jangan ada yang turun. Jika ujian tulis kamu harus menguasai MIPA, matematika, biologi kimia fisika, jgn lupa latihan soal2 Tes Potensi Akademik juga.

      Saya doakan kamu berhasil masuk geodesi UGM.

      Delete
    2. Aminn, makasih banget buat infonya kak btw ada line atau pin buat sharing"

      Delete
  62. Salam kenal geodet muda :V

    ReplyDelete
  63. Kak, saya mau tanya kak, saya sekarang mau kenaikan kelas XII, alhamdullilah di IPA. Nah saya tertarik nih kak sama teknik geodesi, di teknik geodesi fisika juga dipelajarin kak? Dan jujur saya di fisika lumayan menguasai tapi matematika saya agak lemah. Apakah bisa seperti itu? Karena saya lihat di artikel kakak tadi kebanyakan matematika ya yang dipelajari? Saya jadi bingung kak .__.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fisika juga dipelajari :) masih ada waktu buat bljr, dpetnya buka matematika murni kok, cuma dasarnya banyakan hitung2an.

      Delete
  64. kak, kalo nilai matematika di raport ada yg turun gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak pa2, saya juga dulu ada yang turun :)

      Delete
  65. Kakak, apakah akreditasi jurusan teknik geodesi di suatu PTN berpengaruh di dunia pekerjaan kelak? :) suwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berpengaruh :) misalnya mau jadi PNS akreditasi A maka IP minimal kalau tidak salah harus 2.75, kalau misalnya akreditasi B maka ip minimal harus 3. Kalau akreditasi C beda lagi, jadi cukup berpengaruh :)

      Delete
  66. kak salam kenal, saya baru masuk geodesi ugm lewat sbmptn2014. cuma saya belum yakin untuk diambil atau tidak, bisa kaka yakinin saya kenapa saya harus ambil geodesi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo anonim, ada bnyak orang yang meminta saran kepada saya seblum memutskan memilih geodesi, beberapa diantaranya tidak diterima, kamu termasuk orang yang hebat dan mempunyai kesempatan kuliah digeodesi yang tak semua orang dapatkan. Geodesi akreditasi sdah A, sangat mudah mencari kerja mencari PNS atau dipertambngan dan perminyakan, geodesi ada sedikit lulusnnya tapi bnyak dibutuhkan, selanjutnya coba baca blog dosen saya yang sukses berkat geodesi http://madeandi.com/ , dan blog alumni saya yang sudah sukses http://dennipasca.blogspot.com/

      Delete
  67. jadi di geodesi lebih ditekankan ke matematika ya kak daripada fisikanya? soalnya fisika saya agak lemah.
    dan saya juga baru ngelirik jurusan ini buat mencari tau lebih dalam lagi.
    alhamdulillah sih lebih suka ngitung2 meskipun gak jago banget matematika.
    kira kira aman gak ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya benar Hasna, nanti diajari lagi kok pas awal kuliah, adi tenang aja :)

      Delete
  68. Salam kenal geodet muda yang akan memajukan bangsa :)

    ReplyDelete
  69. Kak sy sgt tertarik masuk geodesi ugm. Tapi apakah tidak berat jurusan ini bagi perempuan? Trus bisa gk kalo mau lanjut s2? Apa yg harus sy plajari supaya bisa lulus di ugm jurusan geodesi ? Mohon pencerahannya trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo iing, tidak berat kok buat perempuan. angkatan saya ada 39 ceweknya> untuk s2 tentu saja bisa, sampai keluar negripun bisa, dan sudah banyak yan lanjut s2 diluar negri :)

      Delete
    2. Mkasih pencerahannya kak:)).. kak boleh minta tips gk supaya bisa lulus tesnya ?

      Delete
    3. Tidak ada tips yang spesial, semua orang sudah tau caranya bljar yang rajin aja melebihi yang lain, yang susah menerapkannya, goo luck yaa :)

      Delete
    4. oke kak makasih :D semoga tahun depan bisa lolos Teknik Geodesi UGM, amiin :D

      Delete
  70. Halo iing, tidak berat kok buat perempuan. angkatan saya ada 39 ceweknya> untuk s2 tentu saja bisa, sampai keluar negripun bisa, dan sudah banyak yan lanjut s2 diluar negri :)

    ReplyDelete
  71. itu plajaran mtematika sama fisikanya sesusah waktu SMA tidak ka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada banyak pengembangannya, kalo rajin pasti gak akan susah :)

      Delete
  72. Salam kenal, saya dari jurusan geomatika 2013 ITS :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal, terimakasih sudah berkujung ya :)

      Delete
  73. kak,saya masih kelas X SMA( MIA )tapi sejak sekarang saya mulai menggali informasi tentang jurusan jurusan apa saja dan apa yang saya minati,kebetulan ibu menyarankan saya msk geodesi nanti,dan saya berminat.Kira2 setelah lulus nanti kerja dimana dan kerjanya ngapain saja ya kak?makasih banyak penjelasannya:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo rira, sangat bagus kamu sudah memikirikan jurusan di kelas X.
      Kerja geodesi secara utama bisa di 2 bidang yakni ke pemerintahan atau swasta. Jika ke pemerintahan paling banyak bisanya ke Badan Pertanahan Nasional dan Badan Informasi Geospasial. Namun bisa juga masuk kekantor pajak( khususnya pajak bumi bangunan) atau ke Dinas pekerjaan umum. Untuk cewek biasanya banyak yg memilih masuk Badan Informasi Geospasial.
      lalu jika diswasta lulusan Geodesi banyak di butujkan di pertambangan menjadi surveyornya, jika lulusan S1 bisa jadi atasannya. Selain itu bisa juga kerja offshore (lepas pantai) , kerja di perminayakan seperti pertamina (biasanya didivisi surveinya), alumni Geodesi UGM sudah bnyaak yg kerja dipertamina, bahkan sampai petronas. Kalau masih belum cukup geodesi juga bisa bekerja di Bank> Oh ya 1 lagi lulusan Geodesi juga banyak punya jasa survei sendiri misal PT2 tertentu dan sudah diakui. Oke itu aja, semoga bermanfaat.

      Delete
  74. Kak boleh mnta akun twitter? Ntr aku follow mau tanya lewat dm aja ya.. Trmksh sblmnya kak. Sukses sll:)

    ReplyDelete
  75. Apakah bener kak kalo kuliah di geodesi itu sampe malem ?? Bahkan saking sibuknya sampe jarang pulang ke rumah ato ke kos?? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. SIbuk atau tidak selama kuliah itu pilihan, kamu bisa milih sibuk dengan aktif berorganisasi, ikut proyek dosen dan lain2, atau kuliah santai begitu selesai kuliah langsung pulang.

      Saran saya, jangan takut jadi mahasiswa sibuk

      Delete
  76. Salam kenal kak sapta.. saya siswa kelas xii ipa yang tengah bingung memikirkan jurusan.. saya sebenarnya minat dengan teknik geodesi dan geomarika juga kartografi dan penginderaan jarak jauh.. tapi, karna saya terlambat peduli dengan nilai, hasilnya nilai saya yang ipa justru jelek2 semua.. nah, kira kira apa peluang diterima lewat snmptn masih ada ya kak.? Terimakasih jawabannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo irna, peluangnya masih ada, kalau nilaimu kurang bagus, kamu belum terlambat belajar, nanti bisa diperjuangkan pada saat tes tulis. Sampai bertemu di geodesi UGM :)

      Delete
  77. Ka saya dwi kelas 12 ipa nih ka....ayah saya bekerja di BPN dan dia mengarahkan saya tentang jurusan yang kelak bakal di perlukan orang yaitu geodesi. Saya juga tertarik dengan jurusan ini ka...nilai matematika saya dari semester 1 ke 4 alhamdulillah naik namun naik nya tidak signifikan ya cman 2 angka aja terus naik..nah ka saya lemah di kalkulus ka tepatnya integral....dan saya mau nanya ka kalo menggambar dengan komputer itu entar di ajarin gak kak? Kata temenan saya di game yng sekarang di geodesi undip geodesi itu susah banget ktanya...mohon penjelasan dan pencerahannya ya ka hadi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Dwi,
      Saran Ayah Dwi sudah sangat tepat. Terus tingkatkan nilai matematikanya karena itu penting. Jangan takut dengan integral, materi itu hanya didapat disemster 2 saja, nanti juga bisa diperdalam lagi selama kuliah. Menggambar dengan komputer itu makanan sehari-hari bagi mhs Geodesi.
      Susah atau tidak digeodesi tergantung orangnya, kalo kamu sudah senang tidak akan terasa susah, saya menyenangi geodesi, karena sesuai passion saya, jadi kalo menurut saya Geodesi itu tidak susah.Yang penting mau berusaha dan belajar, semuanya akan gampang.

      Delete
  78. pengen ke geodesi, tapi matematika saya kurang meyakinkan ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dipelajari lagi selama kuliah :)

      Delete
  79. salam kenal Kk Sapta Hadi, saya seorang siswa kelas 3 di sebuah SMK Teknik, dan jurusan saya adalah Geologi Pertambangan.. saya ada rencana buat masuk UGM.. tapi saya masih bingung sama jurusan yang bakal saya ambil nanti?? Rencananya sih mau ngambil Geologi (UGM), Teknik Sipil (UGM), atau Perminyakan (UPN) .. dan setelah melihat postingan Kk Sapta ini saya jadi ada kepikiran mau ngambil Geodesi masuk kedaftar list jurusan saya :D .. tapi dulu pembimbing magang saya pernah bilang kalo Geodesi itu jurusan kuliah yang sulit jadi musti mikir 2x lg buat Geodesi nih Kk .. oh iya, alat survey yang digunakan diugm itu manual atau digital kk?
    dan tolong dong saran dari Kk mengenai Jurusan kuliah.. Dilema itu gk enak kk Sapta ._. Thanks b4

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Rezky, jurusan geodesi sebenarnya tidak sulit, namu banyak hiungannya, jadi banyak orang yang mengira sulit, jika kamu senang hitungan atau senang kerja lapangan sangat cocok masuk Geodesi. Yang penting sesuai passion saja, semuanya akan terasa mudah.
      Alat survei di geodesi ada yang manual dan digital, yang manual hanya digunakan saat semester 1 saja.

      Sarannya itu tadi, pilih yang sesuai passion kamu, kalo suka hitung2an bisa cari geodesi.

      Good luck
      Sapta

      Delete
    2. Saya sudah memutuskan nih kk Sapta, saya mau ngambil Geodesi .. alasannya karna saya suka Survey :)
      snmptn nanti saya mau naruh Geodesi UGM dipilihan pertama saya.. semoga lulus dan nanti kita bisa sharing2 kk Sapta :)

      Delete
    3. Wow keputusan yang hebat dan tepat, saya doakan semoga bisa bergabung di Teknik Geodesi UGM, silahkan kontak saya jika perlu bantuan.

      Delete
    4. Ok, thanks ya kk..
      follback kk @m_rrezky

      Delete
  80. kak mau nanya kirakira untuk ambil jurusan geodesi memrlukan waktu berapa lama untuk jadi sarjana?
    trus biaya kuliahnya kira2 kisaran biayanya berapa sampai akhir kak???
    mohon pencerahannya terimakasih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sabrina, kalau kamu rajin dan kuliahnya baik-baik saja 4 tahun sudah bisa menjadi sarjana, atau kalau kamu tekun bisa 3.5 tahun. Untuk biaya sekarang ada sistem UKT, lebih rincinya coba cek di website UGM ya.

      Delete
  81. kak mau nanya kirakira untuk ambil jurusan geodesi memrlukan waktu berapa lama untuk jadi sarjana? soalnya ada yg bilang kalau jurusan gedesi itu selsai nya lama, paling cepat 5 thn.
    trus biaya kuliahnya kira2 kisaran biayanya berapa sampai akhir kak???banyak yg blg biayanya mahal baanget,,,
    mohon pencerahannya terimakasih :D

    ReplyDelete
  82. kak mau nanya nih, untuk jenis kelamin itu ngaruh gak sih sm kesempatan masuk teknik geodesi sm peluang kerjanya? soalnya saya takut klo perempuan nanti gmn gtu, lebih mengutamakan laki2, soalnya saya kepengen masuk geodesi kak. tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kesempatan masukke Geodesi ugm sama untuk cewek dan cowok, kalau didunia kerja kalau dilapangannya mungkin kebanyakan cowok tapi tidak menutup peluang untuk cewek, kebanyakan ceweknya ditempatkan dikantornya, tapi dilapangan juga ada.. sante saja :)

      Delete
  83. kak Made geodesi itu kan banyak kerja lapangan, trus kalo kerja lapangan mahasiswanya bawa alat berat2 gk kak?? gmana donk kalo cewek..
    trus alatnya disediain kampus/ stiap mhsswa harus beli dan punya sendiri??
    trus kalo penelitian lapangan lamanya biasanya berapa jam kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tenang aja cewek gak akan disuruh bawa alat berat2, alatnya disediain kampus , gak mungkin mahasswa disuruh beli, alatnya puluhan juta bahkan sampai ratusan juta harganya..
      lama penelitian lapangan tergantung jenis penelitiannya apa..

      Delete
  84. Kak katanya masuk geodesi susah ya? Nilaiku pas pasan. Geodesi untuk perempuan berat nggk kak ? mksih infonya kak sapta :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kata siapa ya ? :) Masuk geodesi gampang kalau rajin belajar, ada banyak jalur masuk kok :)
      Geodesi untuk perempuan gak berat kok, udah banyak skrang perempuan masuk geodesi. :)

      Delete
  85. Salam kenal kak, saya mau nanya. Peminat cewek di jurusan geodesi banyak gak ya?

    ReplyDelete
  86. Permisi kak mau tanya, kalo tadi saya liat dikomen kalo jadi mahasiswa bisa ikut proyeknya dosen, lha itu kita yang ngajuin diri/daftar gitu ato dipilih sama didosennya ya? Trims salam kenal

    ReplyDelete