Saturday, January 19, 2013

Kenapa Harus Memilih Teknik Geodesi




Sehubungan dengan semakin dekatnya pelaksanaan SNMPTN 2013,yang merupakan jalur resmi untuk mencari universitas bagi siswa SMA kelas 3,rasanya sangat perlu mepromosikan jurusan yang saya geluti saat ini,yakni Teknik Geodesi. Hal ini saya lakukan untuk berbagi informasi yang saya ketahui mengenai teknik geodesi. Memang belum banyak yang saya ketahui, tapi tidak ada salahnya saya membagi apa yang saya ketahui baik itu yang saya peroleh dari pengalamamn saya sendiri, sharing2 dengan senior ataupun membaca di internet. Semoga saja tulisannya dapat membantu teman – teman yang berminat memilih jurusan teknik geodesi.
Berikut adalah alasan kenapa harus memilih teknik geodesi dari sudut pandang saya :
  1. Peluang kerja sangat banyak
 Secara garis besar, lulusan Teknik Geodesi dapat bekerja di berbagai bidang yaitu :
1.   Lembaga Pemerintahan (Badan Pertanahan Nasional, Badan Koordinasi Survey dan Pemetaan Nasional, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, Bappeda, Departemen Pertambangan dan Energi, Departemen Kehutanan, Departemen Perhubungan, Kimpraswil, Departemen PU, Bappeda, Bappenas, Pertambangan, BPN, Bakosurtanal, Lembaga Riset (BPPT, LIPI), dan lain-lain).
2.   Industri Swasta (Surveyor Indonesia, PT Aneka Tambang, PT Timah, Freeport, Pertamina, Caltex, Total Indonesia, Slhumberger, Kontraktor Bangunan (WiKa, Konsultan Teknik, dan lain-lain).
  1. Lulusan sarjana geodei masih sedikit di Indonesia ,namun peluang kerja sangat banyak
            Di Indonesia sendiri masih sedikit universitas yang memiliki jurusan teknik geodesi,namun kebutuhan akan sarjana geodesi masih sangat banyak,jadi selama kita mau berusaha pasti pekerjaan itu akan datang pada kita. Banyak dari senior2 saya di UGM yang sudah mempunyai pengalaman kerja saat masih kuliah karena sering mengikuti proyek2 bersama dosen. Beberapa universitas yang memiliki jurusan teknik geodesi antara lain UGM,ITB,UNDIP,ITS.
  1. Gaji besar
Jika kita mengmbil pekerjaan dibidang pemerintahan misalnya BPN (Badan Pertanahan Nasional),maka gajinya adalah gaji seorang PNS,ditambah lagi uang tambahan jika mengikuti proyek-proyek pengukuran dibidang pertanahan,,dan uang tambahan itu sangat mungkin melebihi gaji. Sedangkan jika mengambil pekerjaan dibidang swasta,misalnya saja diperusahaan tambang minyak atau batu bara gajinya tentu beda dari gaji PNS, dari sharing2 dengan senior memang katanya gaji diperusahaan tambang itu besar, apa lagi diperusahaan2 internasional, tapi dibalik gaji besar tentu ada kerjaan yang besar juga.
  1. Masih banyak yang belum mengenal jurusan teknik geodesi,sehingga peminatnya sedikit dan peluang diterimanya besar.
Memang jurusan teknik geodesi masih belum banyak dikenal orang,hal ini dikarenakan ilmunya tidak digunakan oleh masyarakat luas seperti halnya dokter,tapi hanya digunakan beberapa orang,misalnya diperusahaan tambang ataupun di bandara untuk menentukan kordinat jalur penerbangan. Alasan ini juga yang membuat saya lebih memilih geodesi saat snmptn dlu.

          



Lalu apa saja yang dipelajari selama perkuliahan??

            Sebagian besar pelajarannya berkaitan dengan hitungan,jadi sangat disarankan teman teman untuk menyukai matematika karana itu akan memudahkan. Untuk semester satu yang dipelajari adalah kalkulus,aljabar linier,statistika dan teori kesalahan,ilmu ukur tanah,hukum agraria,pengantar geodesi dan geomatika,bhs inggris,dan geologi. Untuk semester semester atas, ada pelajaran hitung perataan,survey tambang,fotogrametri,survei hidro, survey rekayaya, sistem transformasi koordinat, survey digital , geodesi satelit dan lain lain.



Itulah sedikit gambaran mengenai teknik geodesi,adakah yang masih ragu dengan jurusan ini???

semoga informasinya bisa membantu dan meyakinkan teman – teman untuk memilih jurusan teknik geodesi. Jika kamu tertarik dengan Geodesi, mugnkin buku saya akan membantu kamu untuk tahu lebih dalam tentang Geodesi. Silahkan PESAN BUKU SAYA.



PESAN BUKU SAYA