Thursday, May 1, 2014

Najwa Shihab, Presenter Inspiratif


            Jumat, 25 April bagi saya adalah hari terinspiratif. Pagi itu jurusan Teknik Geodesi UGM mengundang Anies Baswedan sebagai pembicara dalam acara Leadership Talk. Yang tak kalah inspiratifnya adalah sore harinya ada acara Mata Najwa di Graha Sabha Pramana UGM. Acara Mata Najwa adalah salah satu acara favorit saya karena selalu mengundang tokoh-tokoh hebat dan inspiratif. Pada hari tersebut Mata Najwa mengundang Sri Sultan, Anies Baswedan, Ridwan Kamil, Chaerul Tanjung dan Mahfud M.D. Semuanya merupakan tokoh inspiratif Indonesia. Dari semua pembicara tersebut, sebenarnya yang paling saya kagumi hanya 1 orang yakni Presenter acara Mata Najwa, Najwa Shihab.
            Mbak Najwa atau mungkin sering dipanggil Nana, selalu memikau ketika meng-interview setiap lawan bicaranya. Gaya bicara yang terlihat santai dan tenang, tapi tetap fokus dan menghormati lawan bicara  mungkin banyk orang bisa lakukan. Tapi bagaimana jika lawan bicaranya adalah seorang B.J Habibie atau Pak Boediono, tentu itu menjadi hal yang luar biasa jika bisa membawakan acaranya dengan sangat inspiratif. Sebagai seorang mahasiswa yang juga aktif berorganisasi, terkadang saya sering meniru gaya berbicara dan menghadapi lawan bicara seperti yang Mbak Najwa lakukan. Ada satu hal lagi yang membuat saya sangat mengagumi Mbak Najwa, yakni ternyata Mbak Najwa adalah salah satu penerima beasiswa AAS (Australia Awards Scholarship), yang merupakan beasiswa yang cukup bergengsi di dunia, yang kebetulan juga dosen favorit saya juga mendapat beasiswa itu seangkatan dengan Mbak Najwa.
            Kembali lagi ke acara Matwa Najwa di UGM, ada sedikit kisah perjuangan untuk dapat bertemu langsung dengan Mbak Najwa. Waktu itu saya datang jam 2 ke GSP tanpa membawa tiket. Tiket yang sudah dipesan lewat email sampai 3 kali, dan email ke 3 bahkan dengan kata-kata memelas tak kunjung dibalas. Akhirnya saya memutuskan untuk datang saja ke GSP tanpa tiket. Karena sebelumnya banyak kegiatan di jurusan, akhirnya saya baru bisa datang ke GSP pada pukul 14.00. Sampai di GSP, sekumpulan orang sudah bergerombol di pintu utama GSP, beberapa ada yang mendobrak-dobrak pintu dan berteriak meminta dibukaan pintu. Sungguh pemandangan yang bukan saya harapkan saat itu. Saya mulai ragu apa bisa bertemu langsung dengan Mbak Najwa, namun ada suatu keinginan yang besar yang membuat saya menunggu didepan pintu GSP, sampai akhirnya pihak panitia mengijinkan semua penonoton yang masih diluar masuk dari pintu samping. Sampai didalam ternyata ribuan orang sudah memadati panggung Mata Najwa. Dengan sedikit menerobos sana-sini, akhirnya saya  bisa berada disamping kanan panggung, alhasil badan harus dimerengkan 30 derajat untuk bisa melihat kepanggung. Waktu terus berjalan, sampai akhirnya Mbak Najwa tampil dan menyambut penonton yang saat itu sangat ramai. Akhirnya saya bisa bertemu langsung dengan presenter favorit saya, ternyata aslinya lebih cantik dari pada di TV J. Gaya bicara yang santai , elegan, membuat saya semakin mengagumi Mbak Najwa. Mbak Najwa mempersilahkan penontok untuk duduk didepan panggung yang pada saat itu masih kosong,kesempatan itu tak saya lewatkan, saya langsung saja menuju ke depan. Sudah datang terlambat, tak membawa tiket, namun bisa duduk paling depan, sungguh beruntung nasib saya waktu itu.
            Acara demi acara terus berlanjut,saya sangat menikmati diskusi Mbak Najwa dengan para pembicara waktu itu, tiap detik saat itu sangat berharga. Pembicaranyapun tak kalah inspiratif ada Sri Sultan yang sangat mencintai Warga Jogjanya, ada Pak Anies Baswedan dan Pak Mahfud yang memiliki gaya kepemimpinan yang keren, ada Kang Emil, pemimpin yang masih muda dan penuh inspirasi dan ada juga Pak Chaerul Tanjung yang merupakancontoh Enterprener Indonesia yang sangat sukses.

            Acara Mata Najwa ini sangatlah inspiratif, harunya Indonesia lebih banyak menanyangkan prestasi-prestasi serta rokoh –tokon hebat yang ada di Indonesia, karena itu dapat menjadi inspirasi yang besar terutama kepada anak uda seperti saya. Saya ucapkan selamat kepada Mata Najwa dan Mbak Najwa Shihab karena telah berhasil menginspirasi banyak orang J