Friday, October 17, 2014

Tidak Ada Biaya Kuliah? Sarankan Cari Beasiswa Bidikmisi


Kuliah merupakan tahapan pendidikan yang bisa dibilang cukup menentukan masa depan. Berbeda jika SMA dan SMP mungkin sebagian siswa masih mentargetkan untuk bisa lulus dengan hasil yang baik, namun jika kuliah biasanya lebih menekankan mau jadi “orang” seperti apa nanti setelah kuliah. Namun bagaimana jika tidak bisa kuliah?? Permasalahan klasik biasanya adalah karena biaya kuliah yang cukup mahal. Di tahun 2014 ini sebenarnya tidak ada alasan lagi untuk mengatakan kuliah itu mahal. Kuliah mahal itu hanya untuk orang yang malas dan tak mau berusaha. Apakah anda termasuk orang yang seperti itu? Jika iya silahkan berhenti membaca dan pergi tidur.
Namun jika kamu sedang berusaha mencari beasiswa kuliah, khususnya S1 atau D3 coba sempatkan baca artikel ini. Saat ini saya sedang kuliah di Universitas Gadjah Mada, jurusan Teknik Geodesi dan sedang menerima beasiswa Bidikmisi. Kuliah di Universitas sebesar UGM boleh jadi orang yang kurang paham perkembangan dunia pendidikan mengira biaya kuliah di UGM cukup mahal, dengan segudang fasilitas yang ada. Kalau boleh jujur dari awal kuliah di UGM bisa dibilang saya hampir tidak mengeluarkan uang sedikitpun, bahkan saya mendapat uang untuk biaya hidup. Penyelamat saya adalah Beasiswa.
Saya besar disebuah desa yang tidak terlalu modern di Kabupaten Tabanan, Bali. Dan kemudian SMA baru ke Kota untuk mengenyam pendidikan. Perpindahan dari desa kekota ini membuat saya sadar, memang agak berbeda ternyata informasi beasiswa yang ada di Desa khususnya Desa yang agak jauh dari Kota dengan di Kota. Kesenjangan informasi ini terutama berimbas kepada para orang tua yang ada di Desa yang mungkin masih jarang atau bahkan tidak pernah membuka Internet dan masih sibuk menghitung berapa kwintal hasil panen padi musim ini. Kejadian yang membuat saya miris biasanya beberapa orangtua teman saya, bila saya tanyakan anaknya sekarang kuliah dimana? Terkadang jawabananya dengan muka memelas dan penuh rasa keperihatinan yang mendalam, “Uang dari mana untuk kuliah, makan saja susah”. Seoalh-olah kuliah itu sesuatu yang sangat mahal dan mustahil untuk diraih.
Saya sebenarnya tidak menyalahkan orangtua yang demikian, karena memang keterbatasan dalam memperoleh informasi. Namun bagaimana dengan anaknya yang merupakan generasi Muda dan akan melanjutkan orang tuanya. Jika yang generasi Muda mengatakan ingin kuliah namun tidak ada dana dan ikut pasrah menghadapi kenyataan, saya berani katakan pemuda yang seperti ini adalah orang yang malas dan tak mau berusaha.
Jujur saja, kedua orang tua tergolong dalam keluarga yang tidak bisa mendapat informasi dengan mudah dan asing dengan penggunaan internet. Namun untungnya keduanya sadar bahwa pendidikan itu penting. Pernah suatu ketika, waktu itu saya sudah kulaih 2 semester, Ibu saya menelpom karena ada Ibu-ibu didesa yang lainnya bagaimana prosedur saya bisa mendapat beasiswa. Yang saat itu ibu saya juga lupa karena memang dari awal beasiswanya saya urus sendiri, walau sudah dijelaskan ,saking sibuknya mencari nafkah, ibu saya sering lupa dengan beasiswa anaknya, kalau ditanya jawabannya beasiswa dari pemerintah, entah pemerintah yang mana  dimaksud J.
Beasiswa yang saya peroleh adalah beasiswa Bidikmisi. Jika kamu sekarang benar-benar tidak ada uang untuk kuliah, orang tua bingung mencari uang, tapi kamu mau berusaha, kejarlah beasiswa ini. Kuliah bisa benar-benar GRATIS dan dapat uang saku.

Apa itu beasiswa Bidikmisi?
             Beasiswa bidik misi adalah program beasiswa yang seluruh perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi swasta terpilih di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Apa saja syarat calon penerima Beasiswa?
Persyaratan pendaftaran bisa dilihat di Buku panduan bidikmisi, filenya bisa didownload di http://daftar.bidikmisi.dikti.go.id/petunjuk/pedoman . Pedoman ini teridir dari 42 halaman, saya sarankan baca semuanya secara rinci. Jika kamu malas mebaca buku ini saya jamin beasiswa bidikmisi akan semakin menjauh. Jika kamu orang desa yang orang tuamu juga jarang mengakses internet, printlah panduan ini lalu jelaskan ke orangtuamu. Sekali lagi panduan ini hanya untuk orang yang mau berusaha, mau membaca. Jika tidak mau membaca buang semua anggapan beasiswa itu mudah.  
Persyaratan untuk mendaftar tahun 2014 adalah sebagai berikut: (tiap tahunnya biasanya ada revisinya, silahkan download tiap tahunnya untuk mendapat yang tebaru):  
1.   Siswa SMA/SMK/MA/MAK atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun 2014
2.   Lulusan tahun 2013 yang bukan penerima Bidikmisi dan tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa baru di masing-masing perguruan tinggi;
3.   Usia paling tinggi pada saat mendaftar adalah 21 tahun;
4.   Tidak mampu secara ekonomi dengan kriteria:
a.   Siswa penerima Beasiswa Siswa Miskin (BSM);
b.   Pemegang Kartu Pengaman Sosial (KPS) atau sejenisnya ;
c.   Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali (suami istri) sebesar-besarnya Rp3.000.000,00 per-bulan. Pendapatan yang dimaksud meliputi seluruh penghasilan yang diperoleh. Untuk pekerjaan nonformal/informal pendapatan yang dimaksud adalah rata rata penghasilan per bulan dalam satu tahun terakhir; dan atau
d. Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga sebesar-besarnya Rp750.000,00 setiap bulannya;
5.      Pendidikan orang tua/wali setinggi-tingginya S1 (Strata 1) atau Diploma 4.
6.      Berpotensi akademik baik berdasarkan rekomendasi kepala sekolah.
7.      Pendaftar difasilitasi untuk memilih salah satu diantara PTN atau PTS dengan ketentuan:
a.  PTN dengan pilihan seleksi masuk:
                       i.   Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN);
                       ii.  Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMTPN);
                       iii. Seleksi mandiri di 1 (satu) PT
                  b. PTS dengan pilihan seleksi masuk di 1 (satu) PTS

Apa saja komponen pembiayaan Beasiswa Bidikmisi?
   Komponen atau jenis dana bantuan biaya pendidikan dan penggunaannya adala
 1. Biaya pendaftaran
a. Pendaftar Bidikmisi dibebaskan biaya pendaftaran SNMPTN, SBMPTN dan seleksi mandiri pada salah satu PT (pendaftar secara otomatis akan mendapatkan fasilitas bebas bayar di dalam sistem pendaftaran SBMPTN).
b.  Pendaftar Bidikmisi yang sudah diterima melalui salah satu seleksi tidak diperkenankan mendaftar seleksi lainnya.
     2. Bantuan biaya penyelenggaraan yang dikelola perguruan tinggi,       maksimal Rp2.400.000,00 (dua          juta empat ratus ribu               rupiah) per-semester per-mahasiswa yang dapat digunakan               untuk:
a.   Biaya yang dibayarkan saat pertama masuk ke perguruan tinggi;
b.   UKT Khusus Bidikmisi/SPP/Biaya kuliah yang dibayarkan ke perguruan tinggi;
c.    Penggunaan lain sesuai rencana kerja dan anggaran perguruan tinggi.  
   3. Bantuan biaya hidup yang diserahkan kepada mahasiswa,                minimal  sebesar Rp 3.600.000,00 (tiga        juta enam ratus ribu       rupiah) per-  semester dengan ketentuan:
a. Perguruan tinggi menetapkan besaran bantuan biaya hidup melalui SK    Rektor/Direktur/Ketua;
b.  Perguruan tinggi dapat membuat kesepakatan penentuan besaran dan periode bantuan  biaya hidup dengan perguruan tinggi lain dalam kabupaten/kota yang sama
   4. Biaya Kedatangan
       Biaya kedatangan atau resetlement di alokasikan sebesar 50% kuota/jumlah mahasiswa baru @           Rp1.500.000,00 dapat digunakan sesuai urutan prioritas sebagai berikut:
a.    Penggantian biaya transport untuk mahasiswa yang berasal dari luar kabupaten/kota untuk 1 (satu) kali dari tempat asal menuju perguruan tinggi sesuai dengan jarak dan ketentuan yang berlaku (Permenkeu Nomor 10 84/PMK.02/2011 atau Permenkeu Nomor 113/PMK.05/2012 bagi mahasiswa yang tidak dapat menunjukkan bukti tiket perjalanan).
b.  Biaya hidup sementara bagi calon mahasiswa yang berasal dari luar kota yang besarnya maksimum setara dengan bantuan biaya hidup 1 (satu) bulan.
c.   Biaya pengelolaan (seleksi dan atau verifikasi data calon mahasiswa penerima Bidikmisi dalam bentuk penilaian berkas, visitasi, wawancara dan sejenis).
d.  Kegiatan terkait dengan orientasi mahasiswa baru misalnya pengenalan kehidupan kampus, bantuan pendampingan berbasis
Mungkin itu yang bisa saya share mengneai beasiswa Bidikmisi, selengkapnya silahkan baca panduannya sendiri l. Sekarang tak ada alasan lagi tidak bisa kuliah karena biayanya mahal. Selamat Berjuang!!!!



Best Regards
Made Sapta


Teknik Geodesi UGM 2012