Sunday, April 19, 2015

Go Pro Versi Geospasial : Garmin VIRB, Membuat Video dan “Selfie” dengan Cara Geospasial


Sebagian besar anak muda atau bahkan orang tua, saat ini mungkin tidak asing lagi dengan alat ini:


Alat tersebut adalah Go Pro, saat ini sedang populer digunakan untuk kegiatan foto selfie. Tapi bagaimana dengan alat yang satu ini,


Bagi kamu yang suka berpetualang dengan sepeda atau motor, suka membuat video dan foto yang beda dari yang lainnya, jika belum mengenal alat ini, wajib membaca artikel ini. Membuat video sambil berkendara mungkin sudah biasa, tapi pernahkan membayangkan membuat video yang dilengkapi dengan peta jalur yang sudah dilewati lengkap dengan koordinatnya? Atau ingin mengetahui berapa koordinat posisi kamu saat mengambil foto? Semua itu dapat dilakukan dengan alat Garmin VIRB ini. Masih banyak fitur-fitur lainnya yang ada dalam alat Garmin VIRB ini. Akan saya bahas lebih rinci dalam artikel ini.
Garmin VIRB merupakan alat yang digunakan untuk merekam video dan mengambil foto yang dilengkapi dengan GPS dan juga Wifi. Mungkin bagi beberapa orang yang hobi bersepeda dan sudah pernah membuat viedo sambil besepeda akan tidak asing lagi dengan foto sepeda seperti ini:


Ada beberapa tipe alat yang berisi kamera dan dilengkapi GPS,namun kali ini saya akan membahas lebih jauh tentang Garmin VIRB, bagaimana kelebihan dan kekurangannya serta fitur-fitur yang ada didalamnya.
Dari segi komponen Garmin VIRB dilengkapi dengan memory micro SD dengan kapasitas makismal bisa mencapa 64GB. Dibagian bawah alat terdapat slot untuk charger dan kabel data. Cukup mudah untuk melakukan transfer data dengan kabel data tanpa harus mengeluarkan kartu memory. Kapasitas baterai mencapai 2000mAh, kurang lebih bisa tahan sampai 3 jam. Penggunaan alat ini cukup mudah, Garmin VIRB dilengkapi dengan 4 tombol utama yang fungsinya dijelaskan dalam gambar dibawah ini;


Alat ini juga dilengkapi dengan tripod kecil, biasanya tripod ini digunakan untuk menempatkan alat pada helem atau kendaran selama mengambil foto atau video, jadi membuat video sendiri sambil berkendara, bukan hal yang sulit dilakukan dengan alat ini. Bagaimana ketika mengambil foto atau video ketika hujan? Jika Go Pro biasanya harus dilengkapi dengan pelindung khusus agar tidak tekena air, alat ini tidak perlu pelindung lagi karena sudah anti air. Jadi selfie saat hujan pun tidak masalah.
Beberapa fotografer biasanya juga menginginkan foto yang benar-benar tegak atau sedikit miring. Garmin VIRB  sudah dilengkapi degan mode leveling jadi bisa diatur saat mengambil foto atau video alatnya bisa mereng berapa derajat atau mau dibuat datar juga mudah. Bagian terpenting dari setiap alat pengambil video atau gambar adalah resolusi kameranya, Garmin VIRB memiliki resolusi kamera hingga 16MP, ya resolusinya sama dengan Samsung Galaxy S6, tapi jika ingin tau kualitas gambarnya silahkan coba bandingkan sendiri.
Bagian yang menjadi cirikhas alat ini adalah adanya GPS yang juga bisa menyimpan track yang sudah dilalui selama merekam video. Jika hasil videonya akan disimpan dalam format MP4, maka track/jalur yang sudah dilalui disimpan dalam format GPX. Semuanya dapat didownload dengan mudah menggunakan kabel data. Dalam merekam video dengan Garmin VIRB, ada beberapa mode yang dapat dpilih tergantung tujuan penggunaan, modenya antara lain
  • 1080p : Merupakan default mode, dapat digunakan ketika memerlukan foto atau video dalam resolusi tinggi dan ukuran lebar.
  • Tall HD : Mode ini cocok digunakan ketika ingin tampilan foto atau video dalam tampilan vertikal.
  • Fast HD : Mode ini cocok digunakan untuk mengambil gambar atau video dengan obyek yang bergerak cepat.
  • Economy HD : Mode ini digunakan ketika mengambil video dalam durasi yang cukup lama. Dengan mode ini dapat mengirit kapasitas memory. Namanya juga mode ekonomi.
  • Slow Mo HD : Sesuai namannya Slow Mo, video yang dihasilkan akan diputar dalam pergerakan lebih lambat (Slow Motion)
  • Very Slow Mo:  Hampir sama dengan Slow Mo HD tapi tayangan videonya lebih lambat lagi dari mode Slow Mo HD.
  • Time Lapse: Mode ini menghasilkan video reolusi tinggi, cocok juga digunakan untuk membuat video kegiatan dalam jangka waktu lama.
Itu beberapa Mode yang bisa dipilih saat merekam Video dengan Garmin VIRB, apa sudah tertarik membuat video dengan alat ini? Tunggu dulu, masih banyak fitur-fitur lainnya yang belum saya jelaskan.
Berikut contoh video yang saya ambil dengan menggunakan mode 1080p dan Mode Very Slow Motion:




Seperti yang saya jelaskan sebelumnya, selain hasil video juga terdapat koordinat rute tracking yang dilalui dalam format .gpx. Format ini dapat dibuka dalam Google Earth. Saya coba ploting hasilnya ke Google Earth dan ubah formatnya menjadi KML sehingga bisa ditampilkan di Google Maps. Hasilnya seperti berikut. Warna biru adalaha jalur yang saya lalui dengan mode very slow motion dan yang merah dengan mode 1080p.


Hasilnya sangat memuaskan, hasil plotting koordinat GPS sama dengan rute yang saya lalui. Informasi kecepatannyapun tak jauh beda dengan kecepatan motor yang saya pakai selama membuat video.
Keunggulan lainnya dari alat ini yakni mampu merekam video otomatis ketika alat bergerak dan behenti merekam ketika alat dalam keadaan diam. Namun ada syarat untuk dapat melakukan hal ini yakni GPS harus dalam keadaan aktif dan mendapat sinyal yang bagus. Mode unik lainnya dalam merekam video dengan Garmin VIRB ini yakni dengan Mode Loop, fungsinya yakni untuk merekam video secara terus menerus, tetapi akan hanya menyimpan video terbaru demgam durasi waktu yang sudah disetting sebelumnya. Dengan mode ini dapat dihasilkan beberapa video dengan durasi yang sama, sehingga apabila ingin menghapus beberapa bagian video akan lebih mudah memilih bagian mana yang dihilangkan.
Tidak hanya video, ada beberapa fitur yang bagus juga dalam mengambil foto dengan Garmin VIRB ini. Seperti yang saya jelaskan sebelumnya resolusi kameranya adalah 16MP, namun alat ini juga memungkinkan untuk mengambil foto dengan resolusi dibawah 16MP yakni 12MP dan 8MP. Ingat yang berubah resolusinya bukan obyek yang difoto, jika kurang puas dengan hasil selfie menggunaka resolusi 16MP, mungkin dengan resolusi 8MP wajah bisa terlihat lebih bagus. Tentunya tidak ada penjelasan spesifikasi khusus untuk yang seperti itu. Tapi bagaimana kalau saya ingin mengambil foto sekaligus dalam sekali foto? Tenang saja alat ini memungkinkan mengambil 3 foto 16MP dalam 1 detik, 5 foto 12MP dalam 1 detik dan 10 foto dengan resolusi 8MP dalam 1 detik. Caranya dengan memilih Mode Burst dibagian setting mode foto. Seperti pada kamera yang modern saat ini, Garmin VIRB juga dapat mengambil foto dengan waktu mundur dan dapat mengambil foto berulang-ulang dengan dengan interval waktu yang bisa disetting. Supaya tidak penasaran ini contoh foto yang saya ambil dengan resolusi 16MP


Ada beberapa hal yang menjadi cirikhas lain alat ini yakni pada bagian Dashboard. Tekan Tombol Mode dan pilih Dashboard. Pada bagian Dashboard ini Garmin VIRB dapat menampilkan kompas, kecepataan saat bergerak, ketinggian, jarak tempuh, dan waktu mulai dari alat dihidupkan. Selain itu Garmin VIRB ini juga dapat menampilkan informasi temperature dan detak jantung namun perlu dihubungkan lagi dengan sensor khusus temperature dan detak jantung.
Garmin VIRB ini juga sebenarnya dilengkapi dengan remote yang mampu mengontrol kapan merekam video dan mematikannya, namun tidak saya ulas khusus diartikel ini. Kendala dan kelemahan alat biasanya yang sering dialami saat menggunakan alat ini antara lain:
a.       Alat tidak dapat digunakan sama sekali ketika tidak dipasangi kartu memori, sekalipun itu hanya untuk melihat kecepatan atau jarak tempuh.
b.      Sesuai dengan prinsip penggunaan GPS, GPS hanya dapat digunakan ketika mendapat sinyal yang bagus dan berada ditempat yang terbuka. Informasi posisi, kecepatan, elevasi dan beberapa informasi lain yang menggunakan GPS tidak akan muncul ketika alat berada dirunagan tertutup atau di wilayah hutan yang menutupi sinyal GPS.
c.       Bila digunakan merekam sambil berkendara, video yang dihasilkan kadang kurang terlihat lembut  untuk mengatasi kendala ini dapat menggunakan fitur stabilize pada bagian setup advance untuk memperlembut video.
Demikian gambaran mengenai Garmin VIRB, secara umum alat ini bagus dan dapat memberikan sensasi baru dalam merekam video dan mengambil foto lengkap dengan informasi spasial didalamnya. Pertanyaan terakhir biasanya ditanyakan, berapa harga untuk mendapatkan alat ini? Saya tidak memaksa, tapi kalau berminat silahkan cek diwebsite berikut http://plazagps.com/product/29/260/Garmin-Virb-Elite#/image-product/img355-1423109185.jpg . Selamat mencoba Garmin VIRB anda sendiri. Jika masih belum jelas dengan penjelasan artikel diatas silahkan simak video berikut ini: