Wednesday, April 22, 2015

Masuki Era Baru Jogging dengan Garmin Forerunner 15



Budi: “Mau kemana Den?”
Deni: “Mau jogging, bakar kalori hari ini.”

            Pernah mendengar percakapan seperti di atas? Atau kamu pernah menjadi Deni yang ingin jogging untuk membakar kalori? Coba jelaskan berapa kalori biasanya yang kamu bakar setiap kali jogging? Jika belum bisa menjelaskan berapa kalori yang dibakar selama jogging, mungkin kamu belum mengenal alat ini:



            Percayalah alat di atas bukanlah jam tangan biasa. Alat di atas adalah Garmin Forerunner 15. Menyerupai jam tangan namun dilengkapi dengan GPS di dalamnya. Alat ini sangat cocok bagi kamu yang suka jogging, cocok untuk latihan bagi atlet lari, atau untuk kamu yang ingin menerapkan pola hidup sehat dengan mengatur berapa kali harus melangkah setiap harinya. Garmin Forerunner 15 dapat memberikan informasi mengenai berapa jarak yang kita tempuh selama berjalan atau berlari, berapa waktu tempuhnya, berapa kalori yang dibakar, berapa kecepatannya, berapa besar pace (waktu dalam menit yang diperlukan seseorang untuk menempuh jarak sejauh 1 km)  dan bahkan sampai memberikan informasi mengenai denyut jantung saat kita berlari atau berjalan. Masih ada banyak fitur-fitur lainnya lagi yang bisa dilakukan oleh Garmin Forerunner ini.
Sebelum saya mengenalkan lebih jauh tentang fitur-fitur lainya, saya kenalkan dahulu beberapa tombol-tombol yang ada di Garmin Forerunner 16 ini. Ada 4 tombol utama seperti yang ditunjukkan pada gambar dibawah ini.



            Garmin Forerunner 15 memiliki baterai internal yang bisa tahan sampai 5 minggu jika hanya digunakan sebagai jam biasa. Namun jika digunakan terus-menerus dengan GPS yang selalu aktif, baterai dapat bertahan selama 8 jam. Jadi untuk kamu yang akan serius menggunakan jam ini untuk latihan dan menggunakan GPS dalam waktu yang lama, saya sarankan untuk terlebih dahulu mengisi penuh baterainya. Garmin Forerunner 15 dilengkapi dengan kabel data untuk dapat menghubungkannya dengan komputer  dan sekaligus berfungsi sebagai charger. Pemasangan charger cukup ditempelkan dibagian belakang Garmin Forerunner 15 seperti foto berikut ini dan dihubungkan ke komputer atau sumber daya lainnya.
  


Tampilan awal dari Garmin Forerunner ini berupa waktu dan tanggal seperti layaknya jam biasa. Namun ketika kamu menekan tombol navigasi kebawah, kamu akan tahu kalau ini bukan jam biasa. Ada beberapa menu utama pada alat ini antara lain:

History
Kita dapat melihat data rekaman saat kita lari atau berjalan, tentunya yang sudah kita simpan sebelumnya. Rekaman kegiatan selama 7 hari bisa disimpan di alat ini. Informasi yang bisa dilihat tanggal/waktu kapan jongging, berjalan atau berlari menggunakan alat ini, berapa jarak yang sudah ditempuh, berapa kalori yang dibakar, berapa jarak terjauh yang pernah dicapai dan berapa kecepatan tercepat yang dilakukan selama berlari. Jika kamu seorang atlet lari yang biasa ditemani pelatih, kini kamu bisa menyampaikan hasil latihan kamu bahkan ketika pelatih itu tidak mendampingi.

Run Options
Alat ini dapat digunakan sebagai jam biasa dengan mematikan fungsi Run/Walk pada menu Run Option. Ada juga pilihan Laps, yang ini juga cocok untuk para atlet lari. Jika Valentino Rossi biasanya memerlukan 27 Lap untuk memenangkan kejurana Motor GP, maka kini kamu juga bisa menentukan berapa Lap yang kamu mau lalui dengan cara berlari tentunya. Misalnya saya setting Lap otomatis dalam 1 km, maka tiap 1 km dan kelipatannya jam ini akan memberi tanda sudah memasuki lap keberapa. Gimana, apa sudah ada bayangan mau berapa Lap minggu ini?
Ada juga pilihan menu Auto Pause, sesuai namanya yakni dapat dapat melakukan pause sendiri. Ketika kita berlari dan kemudian berhenti sejenak, alat ini juga juga akan berhenti menghitung waktu, kecepatan dan lainnya, dan data kecepatan,jarak tempuh dan lain-lain tidak akan disimpan ketika alat dalam keadaan pause.
Ketika berlari, ada 2 page utama yang dapat ditampilkan pada layar Garmin Forerunner 15. Isi tampilan di 2 page tersebut dapat kita pilih sendiri. Misalnya di page 1 saya dapat memilih untuk menampilkan waktu dan jarak tempuh, atau kombinasi lainnya yang berisi informasi waktu tempuh, jarak, kalori, kecepatan, dan pace. Begitu juga di page ke 2 dapat menampilkan kombinasi data-data di atas. Semua pengatur tampilan page tersebut dapat diatur pada bagian Data Fields. Khusus pada bagian kecepatan dan pace kita dapat memilih tampilan kecepatan atau pace saat lari, kecepatan atau pace per lap dan rata-rata kecepatan atau pace. Bagaimana sudah terbayang bagaimana era baru jogging saat ini? Jangan kagum dulu masih ada fitur lain lagi yang belum saya bahas. Satu lagi menu utama di alat Garmin Forerunner 15 yakni menu Setting.

Setting
            Menurut saya, ada 1 bagian yang cukup bagus dibagian setting ini. Jika kalian yang suka rutin berolah raga, pernah kan membuat jadwal khusus di kalender atau membuat kata-kata pengingat di dinding kamar. Tinggalkan metode lama itu, kini Garmin Forerunner 15 dapat mengingatkan kamu untuk bergerak, baik itu berjalan atau berlari dengan cara mengaktifkan fitur Activity Tracking pada menu Setting. Ketika Activity Tracking dalam kondisi on maka jika kamu diam lebih dari 1 jam, maka pada layar utama akan muncul pengingat “Move!” lengkap dengan bunyi alarm yang tidak terlalu mengganggu. Kalau sudah begini tidak ada alasan lagi tidak berolah raga karena lupa dengan jadwal olahraga yang sudah dibuat senidiri. Bagi pegawai kantoran yang sering berkutat didepan komputer atau mahasiswa yang terlalu sibuk dengan tugas seperti saya ini, akan sangat terbantu dengan adanya mode pengingat ini, untuk berhenti sejenak dalam pekerjaan dan melakukan sedikit olahraga dengan jogging ataupun jalan-jalan. Menariknya kita juga bisa memasang berapa target langkah yang ingin kita tempuh dalam sehari dan berapa langkah yang sudah kita lakukan. Jika malas bergerak maka akan kelihatan perbedaan jauh antara target yang kita ingin capai dan berapa kali sudah melangkah. Pada bagian  Setting juga ada pilihan User Profil dimana kita bisa memasukkan tinggi badan, berat badan, tahun lahir dan maximum heart rate (detak jantung). Informasi tersebut penting untuk menganalisis berapa langkah yang sebaiknya ditempuh dalam 1 hari. Selain itu pada bagian setting masing terdapat pengaturan-pengaturan umum seperti Suara, Bahasa, dan Units.
Tunggu dulu, tidak semua orang yang jogging atau berolah raga selalu berada diluar ruangan (outdoor) dan mendapat sinyal GPS dengan mudah, bagaimana dengan olahraga indoor ? Saya jamin didalam ruangan akan sulit mendapat sinyal GPS. Lalu bagaimana solusinya, apa tidak bisa menghitung berapa jarak atau kecepatan yang ditempuh? Tenang saja masalah tersebut dapat diatasi dengan Foot Pod. Foot Pod merupakan alat tambahan yang diletakkan di kaki dan dapat dikoneksikan dengan Garmin Forirunner 15. Alat ini seperti sinyal satelit yang mengirimkan informasi berapa kali melangkah, berapa kecepatan yang ditempuh dan informasi-informasi lainnya seperti saat terkoneksi dengan GPS. Untuk mengkoneksikan Foot Pod dengan Garmin Forerunner 15 cukup mudah, dekatkan Garmin Forerunner 15 dengan Foot Pod, lalu tekan tombol untuk Walk/Running, secara otomatis Garmin Forerunner 15 akan mendeteksi Foot Pod, kalau sudah terkoneksi tinggal langsung berolahraga.
Berikut gambaran Foot Pod:


            Satu lagi keunggulan dari Garmin Forerunner 15 ini yang perlu saya sampaikan  yakni dapat terkoneksi dengan Heart Rate Monitor. Hearth Rate Monitor dapat diikatkan di bagian dada kemudian dikoneksikan dengan Garmin Forerunner 15, cara mengkoneksikannnya sama dengan mengkoneksikan Garmin Forerunner 15 dengan Foot Pod. Fungsinya untuk mengukur denyut jantung, bisa dipakai agar tidak melakukan olahraga secara berlebihan atau menghindari rasa terlalu capek karena terlalu banyak berolah raga. Baik Hearth Rate Monitor dan Foot Pod merupakan alat yang terpisah dengan Garmin Forerunner 15, jadi tidak saya jelaskan secara rinci ditulisan ini. Kurang lebih seperti gambaran pemakaian Hearth Rate Monitor:


            Menjelaskan Garmin Forerunner 15 yang dilengkapi dengan GPS rasanya belum komplit kalau belum ada peta yang ditampilkan. Peta rute jogging atau jalan kemana saja menggunakan Garmin Forerunner 15 selama GPS aktif dapat dilihat dengan Garmin Conect. Untuk memulai menggunakan Garmint Connect pastikan alat terhubung ke komputer dan mulai masuk ke website www.garminconnect.com/start . Saat masuk pertama kali ke website Garmin Connect maka perlu membuat akun telebih dahulu, kalau Garmin Forerunner 15 sudah terkoneksi dengan komputer maka membuat akun bisa dilakukan dengan mudah, kurang lebih sama dengan membuat akun facebook, perlu alamat email dan memasukkan password. Saat terkoneksi dengan komputer akan lebih mudah melihat rekaman data yang ada di Garmin Forerunner 15. Kita juga dapat men-share hasil jongging atau lari dengan pengguna Garmin Conect lainnya, atau mau buat kompetisi siapa yang paling banyak melangkah dalam 1 hari menggunakan Garmin Forerunner 15. Belum puas juga cuma share dengan teman? Dengan Garmin Conect kita juga dapat membuat grup sesama pengguna Garmin Forerunner 15, kini mengecek grup tidak hanya terjadi di facebook tetapi juga di Garmin Connect.  Ini contoh tampilan Garmin Connect:



Bagaimana sudah terbayang kan era modern jogging saat ini? Walau bagus, ada beberapa kelemahan dari alat ini seperti dalam mengukur denyut jantung harus dilengkapi dengan Hearth Rate Monitor dan ketika berada didalam ruangan harus dilengkapi dengan Foot Pod, tentu ada harga tambahan yang harus dibayar untuk mendapakan Hearth Rate Monitor dan Foot Pod, selain itu jika menggunakan GPS terus menerus baterai akan mudah habis, harus dicharger dengan kabel data, tidak bisa dengan mengganti batere dengan mudah seperti layaknya jam tangan. Namun secara keseluruhan alat ini tergolong sangat bagus. Alat ini sangat cocok untuk atlet, atau siapa saja yang bukan atlet, mengingat tampilan Garmin Forerunner 15 yang juga cukup modis dan menarik mebuatnya bisa dipakai siapa saja dan kemana saja. Lalu berapa harga yang harus dibayar untuk semua ini? Sekali lagi, saya tidak memaksa tapi kalau berminat, ini tempat recommended untuk mendapatkan Garmin Forerunner 15 : http://plasagps.com/314-gps-garmin-forerunner-15.html .
Jika masih penasaran dengan Garmin Forerunner 15 silahkan simak video dibawah ini. Dan selamat mencoba Garmin Forerunner 15 anda sendiri.

No comments:

Post a Comment