Friday, February 14, 2014

Peta Radius Siaga Gunung Kelud Tahun 2014

                Saat ini sedang ramai-ramainya pemberitaan mengenai meletusnya Gunung Kelud di Jawa Timur, bahkan dampaknya bisa saya rasakan sampai di Jogja, karena abu akibat letusan gunung sampai di Jogja. Sebagai mahasiswa Geodesi, rasanya sangat perlu mengaplikasikan ilmu saya untuk dapat sedikit berkontribusi menangani bencana ini. Peta adalah jawabannya.
              Dosen saya, bapak Made Andi Arsana,telah membuat peta radius siaga gunung Kelud, tiap radiusnya merupakan kelipatan 5 dalam satuan kilometer, lebih lengkapnya silahkan baca disini http://madeandi.com/2014/02/14/radius-kelud/ .  Saya juga mencoba membuat peta radius siaga gunung kelud, untuk sedikit membedakan dengan yang dibuat Pak Andi, saya memakai radius dengan kelipatan 6 satuan kilometer. Berikut adalah hasil petanya.
Beberapa yang perlu diperhatikan yakni :
Tanda [+] untuk memperbesar tampilan peta (zoom in)
Tanda [-] untuk memperkecil tampilan peta (zoom out)
[tanpa panah] untuk menggeser tampilan peta
Klik pada tiap lingkaran untuk melihat keterangan radius (6 – 90 kilometer dari Gunung Kelud)



Lihat Peta Radius Siaga Gunung Kelud Tahun 2014 di peta yang lebih besar

Dengan Peta ini teman-teman yang tempat tinggalnya berada di sekitar Gunung Kelud, dapat memperkirakan dengan lebih akurat seberapa jauh tempat tinggalnya dengan Pusat Gunung Kelud. Semoga bermanfaat :)

2 comments:

  1. cara membuat petanya itu bagaimana bli??

    terima kasih..

    saya geodesi undip angakatn 2010

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal Mas Nasrul, caranya buat lingkaran di http://www.freemaptools.com/radius-around-point.htm dengan menentukan koordinat pusat dan jari2. Generate KML-nya lalu KML ini import ke mymaps. Coba ya.

      Delete