Wednesday, July 30, 2014

Cara Download Citra Satelit Landsat


            Sebagai seorang mahasiswa Geodesi tentu istilah citra Satelit tidak asing lagi. Untuk membuat Peta, sering kali dasarnya menggunkan citra satelit. Tapi bagaimana caranya memperoleh citra satelit? Sebenarnya semua orang bisa mendownload citra satelit secara gratis. Tentunya tidak semua citra satelit bisa didownload secara gratis,salah satu citra satelit yang bisa didownload gratis adalah citra satelit Landsat, mulai dari satelit Landsat ETM+ sampai Landsat 8. Citra satelit Landsat memiliki resolusi spasial 15 – 30 meter. Maksudnya yakni jika ada obyek misalnya gedung atau bangunan dengan lebar atau panjang 15 – 30 meter, maka obyek tersebut masih bisa terlihat.
            Langsung saja saya jelaskan cara download citra satelit Landsat sebagai berikut:
1.      Bukalah website http://earthexplorer.usgs.gov/ , maka kan muncul tampilan websitenya sebagai berikut:



2.      Kemuidan lakukan login, jika belum punya akun klik register untuk memulai membuat akun. Dalam membuat akun akan dimintai banyak informasi, isi saja sesuai petunjuk. Tulisan login dan register ada di pojok kanan atas.
3.      Selanjutnya tentukan lokasi daerah citra yang ingin dicari.Misalnya saya akan cari citra wilayah bali. Caranya dapat dilakukan dengan beberapa cara antara lain:
a.       Memasukkan nama tempat pada kolom address/place, kemudian klik show.


Setelah klik show akan muncul tampilan sbagai berikut:

Klik pada tulisan Bali,Indonesia. Maka secara langsung peta akan mengarah ke Bali seperti berikut :

b.      Untuk memilih lokasi bali cara lainnya juga bisa dengan memasukkan path dan row citra. Path dan row maksudnya yakni daftar baris dan kolom wilayah citra yang sudah disepakati bersama. Data path and row wilayah Indonesia bisa dilihat di blog ini http://sagitagirl-sagitagirl.blogspot.com/2011/12/pencarian-data-path-row-indonesia.html. Misalnya saya ambil wilayah Bali maka path and rownya 116 / 66. Perhatikan gambar berikut :


c.       Atau cara lagi 1 dengan langsung memilih lokasi. Arahkan peta ke wilayah bali menggunakan tombol yang ada di pojok kiri atas peta, kemudian tandai wilayah yang ingin dicari dalam bentuk segiemapat dengan mengklik bagian-bagian ujungnya. Perhatikan gambar berikut:

Bila sudah kemudian klik Show
4.      Jika sudah memilih wilayah citra dengan salah satu cara diatas, tentukan rentangan waktu pengambilan citra pada bagian Data Range

5.      Selanjutnya jika sudah memilih wilayah citra dengan salah satu cara diatas, klik Data Set 

6.      Selanjutnya pilih Landsat Archive. Citra Landsat yang bisa dipilih antara lain Landsat 8, Landsat 7 ETM+,Landsat 4, 5, 1. Tinggal centang Landsat yang ingin dipilih. Misalnya saya pilih Landsat 8.


7.      Selanjutnya klik Result untuk melihat hasilnya:



8.      Selanjutnya akan muncul beberapa citra landsat 8 dari rentangan waktu yang sudah ditentukan diawal.
9.      

10.  Salah satu kriteria citra yang bagus adalah citra yang tidak tertutup awan. Maka dari itu sebelum mendownload pilihlah citra yang paling sedikit tertutup awan. Jika sudah yakin tekan ikon berikut untuk mendownload citra.


11.  Selanjutnya akan muncul gambar berikut:


Pilihlan Download Level 1 GeoTIFF Data Product. Maka proses download akan langsung berjalan.

Ingat data citra ukurannya cukup besar maka pastikan koneksi internet dalam keadaan bagus saat mendownload. Hasil download akan berupa band-band citra, untuk menampilkannya bisa menggunakan software ER- Mapper atau ENVI. Selamat mencoba mendownload J