Saturday, January 23, 2016

10 Pertanyaan Yang Sebaiknya Tidak Ditanyakan Siswa SMA ke Mahasiswa Tingkat Akhir


  1. Kak nilai rapot saya sekian, apakah saya bisa diterima di jurusan yang kakak geluti saat ini? Hello!! Saya bukan peramal dan bukan dosen yang akan melakukan seleksi serta menetukan kamu lulus atau tidak.
  2. Kak jadwal tes ujian masuk PTN di tempat kakak kapan ya? Emangnya di website resmi PTNnya gak ada? Baca baca baca!
  3. Syarat beasiswa bidikmisi apa saja ya Kak? Oke ada namanya panduan BIDIKMISI yang sangat RAHASIA dan dapat DIAKSES oleh SEMUA ORANG!
  4. Kakak udah semester 8, kok belum lulus? Suatu saat kamu akan tahu membuat skripsi tak segampang membuat laporan praktikum biologi yang dasar teorinya kamu copas begitu aja dari Wikipedia. Kalo kata temen saya “Djanc*k, ini juga lagi ngerjain!”
  5. Kak nilai rapot saya sekian, apakah saya bisa diterima di jurusan yang kakak geluti saat ini? Jangan mengulang pertanyaan yang sudah ditanyakan sebelumnya.
  6. Peminat jurusan ini tahun lalu berapa ya? Terkadang mahasiswa akhir tidak terlalu mengikuti perkembangan penerimaan mahasiswa baru, jadi usahakan cari tahu sendiri dulu.
  7. Kak, nilai fisika kakak semester 1 pas SMA berapa ya? Aduh abang udah lupa dek!
  8. Kak jurusan Mikrobiologi di UGM tu gimana ya? Lah kakak ini jurusan Teknik Geodes UGM bukan mikrobiologi UGM, walauapun sama-sama UGM gak berarti tahu semua jurusan di UGM.
  9. Nilaiku rendah, gak suka matematika, gak bisa gambar, gak bisa ini, gak bias itu, bla bla bla… tapi bisa keterima di jurusan itu gak ya? Hmmm entahlah.. tanyakan pada rumput yang terdiam.
  10. Kakak udah ada pendamping wisuda? Ada pertanyaan lain gak?

        Tulisan diatas tidak bermaksud menyinggung perasaan atau membatasi siswa-siswa SMA untuk bertanya pri hal jurusan ataupun universitas yang diinginkan. Melainkan untuk pembelajaran bersama bahwa saat ini ada banyak teknologi serta media seperti internet yang sebenarnya menyediakan banyak informasi yang lengkap mengenai universitas atau jurusan yang ada. Yang diperlukan adalah ketekunan untuk mencari dan membaca lebih detil, sebelum kemudian baru memutuskan untuk bertanya ketika informasi yang dicari tidak ada di internet.

Made Sapta
Mahasiswa Akhir di Teknik Geodesi UGM



sumber gambar: https://twitter.com/jangan_diam